Bupati Cianjur Bebaskan Lahan 7 Hektare untuk Kampung Pandanwangi

Bupati Cianjur DR H Irvan Rivano Muchtar mengatakan, masyarakat Cianjur harus melestarikan. . .

Bupati Cianjur Bebaskan Lahan 7 Hektare untuk Kampung Pandanwangi
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Bupati Cianjur DR H Irvan Rivano Muchtar mengatakan, masyarakat Cianjur harus melestarikan Budaya leluhur satu di antaranya budaya yang sudah ada di Kecamatan Warungkondang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Bupati Cianjur DR H Irvan Rivano Muchtar mengatakan, masyarakat Cianjur harus melestarikan Budaya leluhur satu di antaranya budaya yang sudah ada di Kecamatan Warungkondang.

Budaya yang dipertahankan tersebut adalah mempertahankan nama Pandanwangi secara turun temurun. Tentunya hal ini harus dilestarikan oleh semua pihak pasalnya Cianjur merupakan Kabupaten yang terkenal dengan beras Pandanwangi.

Irvan mengatakan hal tersebut juga masuk dalam salah satu pilar budaya Cianjur'>Kabupaten Cianjur yakni Tatanen.

"Tatanen ini merupakan budaya Cianjur, 93% orang zaman dulu merupakan petani, maka dari itu dibuat lahan abadi pertanian yang dibebaskan oleh Pemkab Cianjur seluas 7 hektare, mudah-mudahan ke depan akan dibebaskan kembali seluas 77 hektar termasuk dibuat kampung Budaya Pandanwangi," kata bupati dalam sambutannya di depan Warga Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang Cianjur.

Irvan mengatakan dalam kegiatannya kali ini ia mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama dalam membangun infrastruktur di Cianjur'>Kabupaten Cianjur.

"Mari bersama membangun Cianjur'>Kabupaten Cianjur, dengan tidak saling mengandalkan satu sama lain, di tahun ini dianggarkan sebesar 500 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan," katanya.

Dal kegiatan CNL tersebut juga para perangkat daerah menyampaikan beberapa bantuan pelayanan bagi warga masyarakat seperti halnya Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur ya g memberikan bantuan berupa peralatan sekolah bagi anak PAUD, anak SD dan SMP.

Disdukcapil memberikan pelayanan KTP, KK, dan Akte Kelahiran, Dinas Perizinan memberikan pelayanan SIUP TDP dan pelayanan perizinan lainnya.

Dinas Peternakan memberikan bantuan ternak domba dua ekor untuk kelompok tani di Desa Jayagiri.

Dinas Kesehatan memberikan tambahan makanan untuk balita dan ibu hamil yang membantu salah satu program untuk mengurangi adanya gizi buruk.

Bantuan dari Baznas Cianjur'>Kabupaten Cianjur untuk jompo. Dinas PUPR memberikan bantuan cor beton jalan lingkungan, jalan gang, dan sumur bor.

Lalu Dinas sosial juga memberikan bantuan untuk warga miskin, untuk yang belum mendapatkan agar secepatnya mendaftarkan ke Dinsos Cianjur'>Kabupaten Cianjur.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved