TribunJabar/

Bank Indonesia Pertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate di Angka 4,25 Persen

Bank Indonesia memandang pelonggaran kebijakan moneter yang ditempuh sebelumnya tetap memadai

Bank Indonesia Pertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate di Angka 4,25 Persen
DOKUMENTASI
Kantor Bank Indonesia Bandung

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG- Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 21-22 Maret 2018 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,25%.

Suku bunga Deposit Facility dipertahankan sebesar 3,50% dan Lending Facility sebesar 5,00%. Semua berlaku efektif sejak 23 Maret 2018.

Dikutip Tribun Jabar dari siaran pers Bank Indonesia, Senin (2/4/2018), kebijakan tersebut konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta turut mendukung pemulihan ekonomi domestik.

Bank Indonesia memandang pelonggaran kebijakan moneter yang ditempuh sebelumnya tetap memadai untuk terus mendorong momentum pemulihan ekonomi domestik.


Ke depan, Bank Indonesia tetap fokus menjaga stabilitas perekonomian yang menjadi landasan utama bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Sejumlah risiko tetap perlu diwaspadai, baik yang bersumber dari eksternal semisal peningkatan ketakpastian pasar keuangan global dan kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, maupun dari dalam negeri terkait kenaikan inflasi.

Untuk itu, Bank Indonesia terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran.

Baca: Adik-Kakak Digerebek ketika Ngamar di Hotel, Ini Reaksi Mereka saat Diciduk Satpol PP

Upaya itu demi menjaga keseimbangan antara stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung, khususnya melalui memitigasi peningkatan risiko jangka pendek.

Bank Indonesia juga semakin memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta penguatan pelaksanaan reformasi struktural. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help