Selain Bantu Seberangkan Muridnya, Guru Dadang juga Mahir Ciptakan Lagu

Dadang mengatakan, syair lagu yang ia ciptakan tersebut spontan hadir dalam pikirannya dan dituliskan langsung ke dalam secarik kertas.

Selain Bantu Seberangkan Muridnya, Guru Dadang juga Mahir Ciptakan Lagu
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Dadang Sujatmika guru SMP 1 Tarogong Kaler, sering menyeberangkan murid sekaligus pencipta lagu yang andal 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Selain membantu siswa menyeberang, Dadang Sujatmika (60) guru SMP 1 Tarogong Kaler ini pun telah menciptakan ratusan lagu sejak tujuh tahun terakhir.

Ratusan lagu tersebut sengaja ia ciptakan atas dasar keresahan terhadap permasalahan sosial yang kerap terjadi di masyarakat‎ Indonesia pada umumnya.

‎Dari lagu-lagu tersebut, hampir seluruhnya berisikan kritikan sosial terhadap pemerintah, ajakan untuk memiliki sikap nasionalisme, nasihat terhadap anak, dan petuah-petuah kehidupan.

Dadang Sujatmika
Dadang Sujatmika (tribunjabar/hakim baihaqi)

Baca: Wow, Kopda Anto Cepi yang Berparas Mirip AHY Luncurkan Single Karya Personel Kangen Band

Dadang mengatakan, syair lagu yang ia ciptakan tersebut spontan hadir dalam pikirannya dan dituliskan langsung ke dalam secarik kertas.

"Sebelum menjadi guru, saya hobi bermusik dan sempat terganggu hobi tersebut saat menjadi guru," kata Dadang di SMP 1 Tarogong Kaler, Jalan Raya Samarang, Kabupaten Garut, Rabu (28/3/2018).

Diiringi oleh keyboard atau organ tunggal, lagu tersebut ia rekam secara sendiri yang memiliki kualitas kejernihan rekaman alakadarnya.

"Tanpa bantuan siapa pun, saya sendiri yang bikin," ujarnya.

Baca: Dicemooh Warga dan Kerap Ditanyai Tetangga, tapi Dadang Tetap Setia Tiap Pagi Sebrangkan Siswanya

Maka dari itu, selepas masa pensiunnya nanti, ia berharap lagu-lagu ciptaannya tersebut dapat dinikmati dan menginspirasi banyak masyarakat.

"Supaya di masa pensiun nanti ada kesibukan," ujarnya.

Beberapa judul lagu yang diciptakan oleh Dadang, yakni, patpat gulipat, perawan muda, demokrasi, karakter pelajar, menunggu, ini jamannya, bikin lagu, wanita cantik, dan masih banyak lagu lainnya.


Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved