VIDEO: Ini Akibat Fatal Bonceng Anak di Jok Depan Motor, Bapak dan Anak Terjang Minimarket

Sebuah video seorang bapak membonceng anaknya di jok depan motor menjadi viral di media sosial.

VIDEO: Ini Akibat Fatal Bonceng Anak di Jok Depan Motor, Bapak dan Anak Terjang Minimarket
Istimewa
motor 

TRIBUNJABAR.ID - Sebuah video seorang bapak membonceng anaknya di jok depan motor menjadi viral di media sosial. 

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @roda2blog, terlihat seorang anak yang baru saja dibonceng di jok depan motor matik.

Saat akan diturunkan dari atas motor, anak itu secara tidak sengaja memegang gas. Motor akhirnya meluncur dan menabrak sebuah minimarket.

Dari rekaman kamera CCTV yang ada di lokasi, si anak dan pengendara tidak terlihat mengalami cedera serius. Namun keduanya langsung mendapat pertolongan dari warga sekitar.

Pihak kepolisian maupun pakar keselamatan berlalu lintas sudah kerap kali mengimbau agar pengendara motor tidak membonceng anak di jok depan. Sebab tindakan ini diniai berbahaya.

Hati-hati bonceng anak di depan saat bawa matik. . #Honda #Vario #Kecelakaan

A post shared by roda2blog.com (@roda2blog) on

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyatakan apapun jenis transmisi motor, menempatkan anak kecil di jok depan sangat tidak dibenarkan dalam aspek keselamatan berlalu lintas.

"Jangan melihat penyebab langsungnya. Dalam konteks kecelakaan ini, membawa anak kecil dan ditaruh di depan adalah bentuk kelalaian fatal yang tidak dapat ditolerir baik pada norma safety maupun legal hukum," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (22/3/2018).

Jika membonceng anak kecil, pengendara disarankan untuk menempatkannya di jok belakang. Namun dengan catatan, kaki si anak sudah dapat menyentuh pijakan kaki dengan optimal.

"Kalau kedua kakinya belum dapat menyetuh pijakan kaki dengan optimal, maka tidak direkomendasikan. Karena si anak akan rentan keseimbangannya dan ini membahayakan," ujar Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Akibat Fatal Bonceng Anak di Jok Depan Motor 

Editor: Isal Mawardi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help