Pakar Cyber Security ITB: Modus Skimmer Bukan Hal yang Baru, Begini Cara Kerjanya

‎Pakar cyber security Institut Teknologi Bandung (ITB), Budi Rahardjo, menilai jika skimmer sudah dipasang di mesin-mesin ATM di Kota Bandung.

Pakar Cyber Security ITB: Modus Skimmer Bukan Hal yang Baru, Begini Cara Kerjanya
dglobe
Gambaran skimming di ATM. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - ‎Pakar cyber security Institut Teknologi Bandung (ITB), Budi Rahardjo, menilai jika skimmer sudah dipasang di mesin-mesin ATM di Kota Bandung.

Pernyataan itu sesuai dengan pernyataan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana beberapa waktu lalu.

Artinya, tidak menutup kemungkinan data kartu ATM milik nasabah sudah terekam. Ia berharap bank bisa melacak mesin ATM yang sudah dipasangi skimmer.

"Alhamdulillah jika polisi keburu menangkap pelaku karena jika memang sudah dipasangi skimmer, secara teknis skimmer sudah membaca data ATM pemilik nasabah tinggal data tersebut dipindahkan ke alat lain lalu diduplikat ke kartu ATM kosong. Tapi ini kan sudah diungkap polisi. Yang pasti ini termasuk kejahatan cyber," ujar Budi via ponselnya, Rabu (21/3/2018).

Baca: Korban Bendungan Copong Belum Ditemukan, TIM SAR Duga Korban Masih Berada di Dasar Sungai

‎Menurutnya modus skimmer sudah populer sejak 1990-an. Skimmer ini berfungsi membaca data kartu ATM milik nasabah untuk kemudian data tersebut ditransfer ke kartu ATM kosong.

Alat skimmer juga menurutnya, mudah dibeli dengan pemesanan online di situs-situs tertentu.

"Skimmer sering dipasang di sejumlah tempat (mesin ATM) yang posisinya sepi. Alat ini membaca kartu, sudah ada sejak 1990-an. Secara modus kejahatan, mereka enggak ada hebatnya‎, toh alatnya juga bisa mudah dibeli. Jadi skimmer ini membaca kartu, kemudian data yang sudah terbaca akan disimpan di USB drive setelah skimmer ini diambil dari mesin ATM," kata Budi.

Baca: Kalapas Klas I Cirebon Akui Ponsel Sering Diselundupkan dengan Cara Dilempar dari Luar Lapas

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved