Deklarasi Masyarakat di Wilayah Polsek Antapani Bandung: Kami Anti Hoaks!

Penyaringan informasi itu, ucapnya, dapat menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Deklarasi Masyarakat di Wilayah Polsek Antapani Bandung: Kami Anti Hoaks!
Istimewa
Deklarasi anti hoaks di halaman Kantor Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Senin (12/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kapolsek Antapani, Kompol Kusnadi, mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah Polsek Antapani, yakni di Kecamatan Mandalajati dan Kecamatan Antapani, agar cerdas menyaring informasi di era internet sekarang ini.

Kusnadi mengatakan hal itu saat penyelenggaraan deklarasi anti hoaks di halaman kantor Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Senin (12/3/2018).

"Masyarakat di wilayah Polsek Antapani, yakni di Kecamatan Mandalajati dan Kecamatan Antapani, dimohon menyaring informasi sehingga informasi-informasi negatif dan provokatif tidak disebarluaskan kembali," kata Kusnadi.

Penyaringan informasi itu, ucapnya, dapat menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.


Apabila masih ada yang menyebarkan berita hoaks terutama yang provokatif, berbau SARA, atau ujaran kebencian, lanjut Kusnadi, pihaknya akan menindak tegas sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Dalam kesempatan itu, Kompol Kusnadi juga menyampaikan amanat Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, soal pemahaman Undang-undang ITE serta ciri-ciri berita hoaks yang sering muncul dalam media sosial dan beredar di masyarakat.

Dia pun memberikan penjelasan bagaimana menyikapi berita hoaks dan menjelaskan secara ringkas mengenai UU ITE nomor 19 tahun 2016 tentang informasi transaksi elektronik.

Baca: Sriwijaya FC dan Madura United Protes Soal Jadwal Neraka, Persib Bandung?

Deklarasi anti hoaks yang memang sedang digencarkan di Kota Bandung itu dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai unsur.

Peserta deklarasi di antaranya adalah Camat Antapani Drs Sarjani Saleh, Camat Mandalajati Drs Pepen Effendi, para lurah se-Kecamatan Antapani dan Mandalajati, para Babinsa Koramil 1810/AAM, tokoh agama, tokoh pemuda, Satpol PP Kecamatan Antapani dan Mandalajati, seluruh anggota Polsek Antapani, dan warga setempat.

Di akhir deklarasi, 100-an peserta itu langsung meneriakkan yel-yel anti hoaks sebagai pembangkit semangat memerangi informasi bohong.

"Kami anti hoaks! Kami anti hoaks!" teriak peserta sembari mengepalkan tangan sebelah kanan. (*)

Polsek Antapani menyelenggarakan deklarasi anti hoaks di halaman kantor Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Senin (12/3/2018). ISTIMEWA.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved