Pengamat Unpad Sebut RINDU dan Deddy-Dedi Lebih Jelas Soal Program, Tetap Punya Kekurangan

Firman juga menggarisbawahi beberapa isu yang dibawa oleh para pasangan calon, semisal Meikarta, intoleransi dan lingkungan.

Pengamat Unpad Sebut RINDU dan Deddy-Dedi Lebih Jelas Soal Program, Tetap Punya Kekurangan
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat mengikuti Debat Publik Pertama Pilgub Jawa Barat 2018 yang digelar KPU Jawa Barat dan disiarkan langsung KompasTV, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (12/3/2018). Debat yang dipandu Direktur Pemberitaan KompasTV, Rosianna Silalahi itu, bertema Ekonomi, Politik, Pemerintahan Daerah, Infrastruktur, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, Industri, Perdagangan dan Teknologi, serta UMKM dan Koperasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Debat publik pertama Pilgub Jabar berlangsung di Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung, Kota Bandung, Senin (12/3/2018) malam.

Hasilnya, pengamat politik dari Universitas Padjajaran, Firman Manan, menilai pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi) lebih unggul dari pada dua pasangan lain.

Menurutnya, program pasangan Rindu dan pasangan Deddy-Dedi lebih unggul karena tergambar secara detail dibandingkan dengan program dari Hasanah (Tb Hasanuddin-Anton Charliyan) dan Asyik (Sudrajat-Akhmad Syaikhu).

Firman Manan menilai pengalaman menjadi faktor penentu. Pasangan Rindu dan pasangan Deddy-Dedi lebih berpengalaman di kursi eksekutif sebagai pimpinan daerah.


Berbeda dengan pasangan Asyik dan pasangan Hasanah yang masing-masing hanya satu orang saja yang mempunyai pengalaman di bidang eksekutif dan legislatif.

"Kalau dari segi program saya kira dari Rindu dan Deddy-Dedi lebih unggul di debat ini. Bagi saya wajar, karena pasangan ini punya pengalaman jadi kepala daerah sedangkan program dari Hasanah dan Asyik masih abstrak," ujar Firman Manan.

Bukan berarti, imbuhnya, Rindu dan Deddy-Dedi tanpa kekurangan. Ia menilai cawagub pasangan Rindu, Uu Ruzhanul Ulum, yang tak aktif dan sempat blunder.

Baca: Masa Pendaftaran Pemain Sisa 16 Hari Lagi, Status Rekrutan Anyar Persib Bandung Belum Jelas

Halaman
12
Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved