Cantiknya Sandal Khas Kebarepan, Bentuknya Unik Cuma Rp 12000 Aja Lho

Sandal tersebut dapat dipesan grosir maupun eceran. Harganya murah, sandalnya juga unik.

Cantiknya Sandal Khas Kebarepan, Bentuknya Unik Cuma Rp 12000 Aja Lho
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Seorang pengrajin sandal khas Desa Kebarepan. Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon memperlihatkan model sandal nama, Selasa (13/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pabrik Industri Zebra Mandiri khas Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon sudah berdiri sejak tahun 1990. Salah satu produknya ialah sandal.

Sandal tersebut dapat dipesan grosir maupun eceran. Harganya murah, sandalnya juga unik.

Sandal khas Kebarepan terbuat dari bahan utama karet spon dan talinya menggunakan karet sintetis. Bahan pembuatan sandal dibeli dari Tangerang sejak tahun 1990.

Berbagai warna, model, dan ukuran dapat dipesan sesuai permintaan konsumen. Harga sepasang sandal mulai dari Rp 12.000 - Rp 25.000 saja. Jika ingin menambahkan ketebalan atau nama pada sandal, cukup merogoh kocek Rp 2.000 - Rp 5.000.

"Setiap hari pesanan ada saja, biasanya dari luar Cirebon. Ada juga yang pesan cuma sepasang," ujar Derani (34) pengrajin sandal khas Kebarepan, saat ditemui di Desa Kebarepan, Selasa (13/3/2018) siang.


Dalam sebulan, ada 15 - 20 orang yang memesan sandal di pabrik Industri Zebra Mandiri, Jalan Raya Kebarepan No 71 Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Pabrik tersebut merupakan pabrik satu-satunya masih berdiri di desa tersebut. Jika hendak membeli sandal khas Kebarepan, Anda harus menunggu selama 10 hari.

"Jadi kita menyesuaikan siapa pemesan yang lebih dahulu dan disesuaikan dengan tenaga kerja yang ada. Di sini kan hanya ada 10 orang pegawai," kata Dareni.

Dalam satu hari, pabrik tersebut dapat membuat sandal hingga dua kodi.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help