Pilgub Jabar

Pengamat: Sisi Humanis Setiap Paslon Akan Terlihat Saat Debat

Pengamat Politik, Firman Manan, mengatakan bahwa debat publik tidak hanya sebatas untuk menyampaikan visi dan misi.

Pengamat: Sisi Humanis Setiap Paslon Akan Terlihat Saat Debat
ISTIMEWA
Debat Calon Gubernur Jawa Barat 2018 disiarkan langsung KompasTV, Senin (12/3/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meskipun inti dari Debat Publik Pilgub Jabar adalah mengemukakan gagasan untuk berbagai isu dan masalah, akan tetapi debat yang diadakan di Sabuga, malam ini (12/3/2018), tidak hanya sebatas menyuarakan program.

Pengamat Politik dari Universitas Padjajaran, Firman Manan, mengatakan bahwa debat publik tidak hanya sebatas untuk menyampaikan visi dan misi.

"Betul, debat itu bukan hanya soal visi dan misi saja. Masih banyak hal yang harus dipertunjukan para paslon kepada masyarakat di debat publik nanti," ujar Firman saat dihubungi lewat sambungan telepon, Senin (12/3/2018).

Banyak hal, menurut Firman, yang harus dipertunjukan dari paslon. Mulai dari kecakapan, kepemimpinan, pemahaman dari isu bahkan sampai ke penampilan.


Ia menganggap kalau pemimpin atau Cagub yang baik pasti memperhatikan hal tersebut.

"Nanti harus diperlihatkan ini paslon sering bercanda enggak, atau memperlihatkan sisi humanisnya enggak, jadi tidak sebatas visi dan misi," ujar Firman.

Selain itu interaksi antar paslon dalam tanya jawab juga akan jadi perhitungan. Setiap paslon yang baik pasti mempersiapkan hal tersebut.

"Nanti saat paslon bertanya pasti ingin memperlihatkan kelemahan paslon lain. Paslon yang baik pasti mempersiapkan hal tersebut," ujar Firman.

Baca: KompasTV Siarkan Langsung Debat Cagub Jabar 2018, Ini Aturan Main dan Urutan Acaranya

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help