Home »

Garut

Ini yang Harus Dilakukan Agar Ayam Pelung Menang Kontes, Harganya Bisa Meningkat Berlipat-lipat

Di antaranya, panjang pendeknya suara, volume suara, bersih atau kotornya suara, dan bobot ayam pelung.

Ini yang Harus Dilakukan Agar Ayam Pelung Menang Kontes, Harganya Bisa Meningkat Berlipat-lipat
tribunjabar/hakim baihaqi
Kontes ayam pelung di Kampus Uniga, Jalan Raya Samarang, Garut, Minggu (11/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sebelum mengikuti kontes, ayam pelung (gallus gallus domesticus), biasanya mendapatkan perawatan terlebih dulu.

Satu jenis unggas yang awalnya ditemukan di dataran Gunung Gede, Kabupaten Cianjur ini, ‎harus dipersiapkan terlebih dulu agar suara ayam pada saat kontes benar-benar maksimal.

Sebelum kontes, pemilik harus mengecek ulang kondisi tubuh ayam dan harus dalam keadaan sehat, tidak cacingan, serta tidak mengalami kerontokan.

Baca: Putrinya Sudah Tiga Bulan Hilang, Ayah dan Ibu Ini Tak Putus Asa Mencari, Minta Doa Bisa Kumpul Lagi

Lalu, ayam pelung tersebut harus diberi pakan yang mengandung protein tinggi. Ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit sariawan pada ayam.

Agar tampil prima dalam kontes tersebut, ayam pelung harus berusia tidak kurang dari tujuh bulan dan harus meminum jamu dari campuran bawang putih dan menjalani gurah.


Kemudian, ayam tersebut harus dilatih agar dapat mengeluarkan lengkingan suara panjang yang akan mengantarkan menjadi pemenang kontes.

Pencinta ayam pelung dari Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (Hippapi) Garut, Hendis Hamdani, mengatakan, persiapan tersebut wajib dilakukan agar ayam dalam kondisi prima saat kontes.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help