Home »

Garut

Jumlah Korban Keracunan Massal di Garut Terus Berkurang

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surachman. . .

Jumlah Korban Keracunan Massal di Garut Terus Berkurang
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Korban keracunan hidangan hajatan di Puskesmas Malangbong, Kabupaten Garut, Rabu (7/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Jumlah korban keracunan massal di Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, yang masih dalam perawatan oleh tim kesehatan kini berjumlah 37 orang.

Puluhan orang tersebut saat ini masih menjalani rawat inap di lima pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), yakni Puskesmas Malangbong, Puskesmas Citeras, Puskesmas Sukamerang, Puskesmas Limbangan, dan Puskesmas Cibatu.

Sebelumnya diberitakan, dari 202 korban keracunan, sebanyak 165 orang diperbolehkan pulang oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, karena telah dinyatakan sembuh.

Kepala Seksi Survei dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surachman, mengatakan, reaksi yang ditimbulkan akibat makanan tersebut, berbeda satu dengan yang lainnya.

"Yang lumayan berat kami berikan perawatan intensif, sedangkan yang ringan sudah pulang atau menjalani rawat jalan," kata Asep di Kantor Dinkes Kabupaten Garut, Jalan Proklamasi, Jumat (9/3/2018).

Asep menyebutkan, saat ini Dinkes Kabupaten Garut sudah bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), yakni melakukan tindakan dan penanganan, hingga korban benar-benar pulih.

Terkait penyebab keracunan, Asep mengatakan pihaknya, masih mengumpulkan beberapa sampel makanan untuk di uji di laboratorium.

"Sampel makanan masih dicek di Bandung," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help