Pilkada Serentak

MUI Purwakarta Mendukung Penuh Pilkada di Purwakarta, Tapi dengan Catatan

Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Purwakarta mendukung penuh adanya kontestasi Pemilukada Purwakarta yang kini sedang berlangsung.

MUI Purwakarta Mendukung Penuh Pilkada di Purwakarta, Tapi dengan Catatan
Tribun Jabar/Haryanto
Para calon bupati dan wakil bupati saat mendapatkan nomor urut untuk Pilkada Purwakarta 2018 di Gedong Sigrong, Jalan Siliwangi, Nagri Kidul, Purwakarta, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Purwakarta mendukung penuh adanya kontestasi Pemilukada Purwakarta yang kini sedang berlangsung.

Namun, tidak semata-mata mendukung, MUI Purwakarta ini menyampaikan imbauannya juga, terkait pesta demokrasi di Purwakarta.

Imbauan itu tertuang dengan Nomor : 13/07/MUI-PWK/II/2018, yang memiliki catatan, proses demokrasi itu harus berlangsung sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

"Tentu saja, dukungan kami dengan catatan, yaitu seluruh prosesnya berjalan sesuai dengan aturan. Semoga semuanya lancar dan tertib," kata Ketua Umum MUI Purwakarta, Kiai John Dien, Kamis (8/3/2018) saat dikonfirmasi.

Baca: Opick Digugat Cerai Isrtinya, Kondisi Rumah Tangga Memprihatinkan, Aib Orang Ketiga Terbongkar

Tidak hanya secara umum, imbauan MUI Purwakarta ini pun ditujukan kepada para Paslon, KPU, Panwaslu hingga para tokoh agama.

MUI meminta kepada penyelanggara pemilu ini diharuskan menjaga netralitasnya, objektif, adil, amanah, transparan dan independen.

Dalam imbauan yang dia tandatangani bersama Sekretaris Umum MUI Purwakarta, Yusep Solihudien juga disampaikan terkait etika berkampanye.


MUI Purwakarta menegaskan kepada parpol hingga tim sukses, termasuk para paslon, tidak menyebarkan provokasi.

"Jangan menyebarkan ujaran kebencian kepada pihak lawan. Semua perbuatan tidak baik, berupa lisan, tulisan atau apapun, itu agar tidak dilakukan," sebutnya.

Diketahui, masa kampanye pasangan calon sedang berlangsung sampai tanggal 24 Juni 2018. Sementara itu, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

Pada pilkada Purwakarta, saat ini diikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni, Padil Karsoma - Acep Maman, Anne Ratna Mustika - H Aming dan Zainal Arifin - Luthfi Bamala.  (*)

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help