Ini Alternatif Profesi Bagi Petani Ikan di KJA Jatiluhur yang Secara Bertahap Ditertibkan

Penertiban keramba jaring apung di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, yang dilakukan oleh satgas zero KJA bukannya tanpa solusi.

Ini Alternatif Profesi Bagi Petani Ikan di KJA Jatiluhur yang Secara Bertahap Ditertibkan
KOMPAS.com
KERAMBA JARING APUNG 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Penertiban keramba jaring apung di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, yang dilakukan oleh satgas zero KJA bukannya tanpa solusi.

Warga Purwakarta yang bekerja sebagai petani ikan di KJA, telah ditawarkan alternatif pilihan untuk beralih profesi.

Menurut Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ari Maulana sebagai pimpinan satgas mengatakan, alternatif profesi tersebut adalah bagian dari solusi untuk mensejahterakan masyarakat.

Hal itu dikatakannya saat ditemui di Kantor Koramil Jatiluhur, Jalan Lurah Kawi, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (6/3/2018).

Baca: DLH Kota Cimahi Telah Mengambil Sampel Air dari Pabrik yang Diduga Telah Mencemari Sungai Cibodas

"Alih profesi dari petani ikan di KJA ini memiliki beberapa solusi, seperti budidaya ikan di darat, seperti ikan mas, lele, atau menjadi peternak kambing, hingga ayam," ucapnya.

Bahkan saat ini, pihaknya dan pengelola waduk Jatiluhur, Perum PJT II sedang mempersiapkan program Culture Based Fisheries (CBF).

Program tersebut berupa perikanan tangkap berbasis budidaya, yang memanfaatkan badan air di suatu perairan umum dan dikelola secara berkelanjutan.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help