ASPPI Ingin Bekerjasama Dengan Pemerintah Setempat Tingkatkan Pariwisata

"Saya lihat banyak sekali wisata yang belum terkenal di Kabupaten Bandung, KBB, dan Cimahi yang menyimpan potensi wisata indah," katanya

ASPPI Ingin Bekerjasama Dengan Pemerintah Setempat Tingkatkan Pariwisata
TRIBUN JABAR/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Pengunjung saat berfoto-foto menikmati pemandangan kawah Gunung Tangkuban Perahu di musim libur Imlek, Minggu (18/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PARONGPONG - Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Barat menggelar musyawarah cabang di Ciwangun Indah Camp (CIC), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (6/3/2018).

Dalam muscab ini terpilih, Sawara Ginanjar sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) untuk Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, dan Kabupaten Bandung bersama wakilnya, Syamsu.

Sawara Ginanjar mengatakan terbentuknya DPC ASPPI dapat mendongkrak pariwisata di tiga wilayah tersebut, termasuk menggali semua potensi yang belum terpublikasi.

Baca: Rekonstruksi Perampokan Toko Bangunan di Cililin, Korban Dilakban hingga Tewas

"Saya lihat banyak sekali wisata yang belum terkenal di Kabupaten Bandung, KBB, dan Cimahi yang menyimpan potensi wisata indah," katanya, Selasa (6/3/2018).

Pihaknya pun sadar, dalam mewujudkannya itu perlu kerja keras bersama dari semua pihak, termasuk akan menggandeng pemerintah setempat dalam meningkatkan pariwisata.

"Biasanya wisata yang belum terekspos penyebabnya karena infrastruktur. Jadi, kami akan bekerjasama dengan pemerintah minimal untuk membuka jalur agar bisa dilalui kendaraan," ucapnya.

Baca: Awas, Bandar Narkoba Incar Anak-anak untuk Dijadikan Kurir

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD ASPPI Jabar, Alexandrie Sagitha menegaskan muscab ini cita-cita dan harapan dari pengurus DPD ASPPI Jabar yang menargetkan membentuk lebih banyak pengurus di setiap wilayah.

"Meski potensi wisata di tiga wilayah cukup besar, namun belum mampu termanfaatkan dengan maksimal. Jadi, disini peranan ASPPI untuk membantu dalam mendongkrak pariwisata yang ada di Jawa Barat," ujarnya seraya menyebut Curug Cimahi menjadi pariwisata berkelas dunia tapi penanganannya minim, seperti segi promosi kurang baik.

ASPPI Jabar, saat ini sudah memiliki sejumlah pengurus di tingkat DPC, di antaranya DPC Cirebon, Majalengka, dan Sumedang. Kemudian, target akan membentuk lagi DPC lain, seperti Tasikmalaya, Pangandaran, dan Bekasi, serta Sukabumi. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved