Kanwil DJP Jawa Barat I Gandeng Seniman Sosialisasikan Kepatuhan Pajak

Dengan menggandeng para pekerja seni ini pula diharapkan sosialisasi tentang pajak juga bisa sampai ke masyarakat.

Kanwil DJP Jawa Barat I Gandeng Seniman Sosialisasikan Kepatuhan Pajak
Tribun Jabar/Siti Fatimah
Kepala Kanwil DJP Jabar I, Yoyok Satiotomo (dua dari kanan) bersama pekerja seni pada acara Seniman Paham Pajak Meet Up Music and Creative di Butterfield Kitchen Jalan Dipatiukur Bandung, Rabu (28/2). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I menggelar acara Seniman Paham Pajak Meet Up Music and Creative di Butterfield Kitchen Jalan Dipatiukur Bandung, Rabu (28/2/2018).

Acara ini untuk sosialisasi kepatuhan pajak tidak saja kepada seniman tapi masyarakat umum.

"Kami undang seniman untuk mengajak dan mendekatkan para pekerja seni ini paham soal pajak, sekaligus sosialisasi juga bahwa pajak itu untuk pembangunan bangsa, " kata Kepala Kanwil DJP Jabar I, Yoyok Satiotomo.

Menurutnya, seniman seperti penyanyi, memiliki fans yang cukup banyak. Dengan menggandeng para pekerja seni ini pula diharapkan sosialisasi tentang pajak juga bisa sampai ke masyarakat. Selain dapat sebagai corong untuk mensosialisasikan pajak, langkah seniman untuk taat pajak diharapkan juga dapat diikuti oleh penggemarnya.

"Para seniman ini diharapkan dapat jadi panutan khususnya saat ini yakni penyampaian surat pemberitahuan atau SPT Tahunan, " katanya.


Diakuinya, masih ada seniman yang belum paham benar soal pajak, terutama membedakan pajak penghasilan dan pajak royalti.

Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat saling memberikan informasi. Pada acara ini diisi dengan
talkshow bersama Sam Bimbo, Kang Fahmy DJP, Luth Imarindo, Kang Jaka DJP, dan Imel Salamander Big Band.

Kegiatan ini juga diisi dengan adanya layanan perpajakan gratis antara lain, pembuatan kartu NPWP, cetak ulang kartu NPWP, pembuatan efin, pembuatan id billing, lapor spt via e-filling, serta bayar pajak via e-billing dan konsultasi perpajakan.

Dari data rasio kepatuhan Wajib Pajak (WP) Badan dan OP non karyawan (IKU) pada tahun 2017, WP terdaftar sebanyak 697.860 dan WP wajib SPT 225.134. Sementara realisasi penyampaian SPT hanya mencapai 123. 008,dengan rasio kepatuhan hanya 55%.

Total WP (Badan dan OP) yang tidak lapor masih cukup besar yakni 71% dab WP yang lapor baru 29%.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help