Pakar Sejarah Usulkan Siti Jenab jadi Pahlawan Nasional

Turut hadir perwakilan dari budayawan Cianjur dan beberapa perwakilan yang turut. . .

Pakar Sejarah Usulkan Siti Jenab jadi Pahlawan Nasional
net
Rd Siti Jenab 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIANJUR - Pakar sejarah Jawa Barat, Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jawa Barat mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur agar Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional.

Permintaan itu disambut baik dalam sebuah pertemuan di ruang Wakil Bupati Cianjur, Selasa (13/2).

"Kedatangan kami ke sini mendorong agar Pemkab Cianjur mengusulkan Rd Siti Jenab dijadikan sebagai pahlawan nasional," ujar Nina ditemui setelah memenuhi undangan wakil bupati Cianjur.

Nina mengatakan, pemerintah Kabupaten Cianjur harus mengadakan seminar nasional terkait sejarah Ibu Siti Jenab.

Seminar tersebut harus diadakan paling lambat pada awal April.

"Tadi respons pemerintah Kabupaten Cianjur cukup positif, mereka menerima usulan kami dan akan segera melaksanakannya," ujar Nina.

Menurutnya, kehadirannya kali ini lebih ke dalam tugas menyelamatkan cagar budaya.

Turut hadir perwakilan dari budayawan Cianjur dan beberapa perwakilan yang turut hadir dalam pertemuan di Bumi Ageung dua pekan lalu.

Nina mengatakan saat ini pihaknya tinggal menunggu aksi dari pemerintah Kabupaten Cianjur dalam menyelamatkan nilai sejarah dari Rd Siti Jenab.

Sesepuh Cianjur, Pepet Djohar mengatakan, dari hasil pertemuannya dengan Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, ia menangkap sinyal baik dari pemerintah Cianjur yang menerima rekomendasi dari hasil pertemuan Bumi Ageung.

"Kami dengar tadi ada langkah baik dari pemerintah Cianjur yang tidak akan merubah fungsi pendidikan di kawasan tersebut, mereka juga menerima sepenuhnya rekomendasi dari pertemuan Bumi Ageung," katanya.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help