Dalam Sepekan Ada Dua Kali Kejadian Orang Jatuh ke Sumur, Kepala Damkar Imbau Begini

Dalam satu pekan, sudah ada dua kejadian orang yang tak sengaja jatuh ke dalam sumur.

Dalam Sepekan Ada Dua Kali Kejadian Orang Jatuh ke Sumur, Kepala Damkar Imbau Begini
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Sumur kuno 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam satu pekan, sudah ada dua kejadian orang yang tak sengaja jatuh ke dalam sumur.

Dua kejadian itu pun sama-sama ditangani oleh tim penyelamat (rescue) Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung.

Kejadian pertama, seorang perempuan lanjut usia bernama Iyah (75) terpeleset saat akan wudu dan jatuh ke dalam sumur sedalam 15 meter dan diameter 1,5 meter di rumahnya, Jumat (9/2/2018) sekitar pukul 04.50 WIB.

Proses penyelamatan seorang perempuan lanjut usia bernama Iyah (75) yang terpleset saat akan wudu dan jatuh ke dalam sumur sedalam 15 meter diameter 1,5 meter di rumahnya, Pasir Impun, Bandung, Jumat (9/2/2018) sekira pukul 04.50 WIB
Proses penyelamatan seorang perempuan lanjut usia bernama Iyah (75) yang terpleset saat akan wudu dan jatuh ke dalam sumur sedalam 15 meter diameter 1,5 meter di rumahnya, Pasir Impun, Bandung, Jumat (9/2/2018) sekira pukul 04.50 WIB (istimewa)

Rumah perempuan lanjut usia yang mengalami nasib nahas itu berada di Jalan Pasir Impun, Gang Supratman, nomor 23 RT 02, RW 10, Kelurahan Karang Pamulang, Kecamatan Mandala Jati, Wilayah Kota Bandung.

Korban, mengalami luka sobek pada bagian kepala atas, luka sobek pada kening, memar akibat benturan pada tangan kanan, dan mengalami hipotermia.

Kemudian, kejadian kedua, seorang anak kecil laki-laki, B (3), meninggal dunia setelah terpeleset masuk ke dalam sumur di Jalan Alfa nomor 73 RT 03 RW 05, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).

Seorang balita, B (3), meninggal dunia setelah terpeleset masuk ke dalam sumur di Jalan Alfa nomor 73 RT 03 RW 05, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).
Seorang balita, B (3), meninggal dunia setelah terpeleset masuk ke dalam sumur di Jalan Alfa nomor 73 RT 03 RW 05, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Senin (12/2/2018). (ISTIMEWA)

Kedalaman sumur lebih kurang 30 meter dan diameter lingkaran sumur lebih kurang 60 sentimeter.

Korban diduga terpeleset masuk ke dalam sumur saat mengikuti ibunya menjemur pakaian.

Berkaca dari dua kejadian itu, Kepala DKPB Ferdy Ligaswara, mengimbau masyarakat untuk menutup sumur yang ada di rumahnya.

"Mohon untuk saling mengawasi, memperhatikan, dan mengingatkan.Tutuplah sumur dengan alat penutup yang aman," ujarnya melalui pesan instan, Senin (12/2/2018).


Selain itu, lanjutnya, sumur juga harus dibangun dengan ketinggian yang aman.

"Untuk mengingatkan masyarakat atau pemilik rumah untuk tidak teledor, mohon dibantu ingatkan. Ketinggian sumur minimal satu meter dan ditembok," ujar Ferdy.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help