Banjir di Kota Cimahi

Atasi Banjir di Melong, DPKP Kota Cimahi Tahun Ini Akan Mulai Membuat DED

Selain itu, kata dia desain dan Land Acquisition Resettlement Action Plan (Larap) atau rencana tindakan pengadaan tanah dan permukiman dari . . .

Atasi Banjir di Melong, DPKP Kota Cimahi Tahun Ini Akan Mulai Membuat DED
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhamad Nur Kuswandana saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Untuk mengatasi banjir Melong, Dinas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), pada tahun ini mulai membuat Detail Engineering Design (DED).

"Baru pada tahun 2019 mulai melakukan pembebasan di wilayah yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan pembangunan fisik," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhamad Nur Kuswandana saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Selasa (13/2/2018).

Selain itu, kata dia desain dan Land Acquisition Resettlement Action Plan (Larap) atau rencana tindakan pengadaan tanah dan permukiman dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait pembebasan lahan juga sudah rampung.

Baca: Gagal Rekrut Andik dan Boaz, Mario Gomez Kantongi Nama Pemain Pengganti, Siapa Saja?

Untuk menunjang upaya tersebut, ucapnya, pemerintah akan membuat sodetan di Cigugur Tengah dengan lebar 6 meter, dengan jalan 5 meter, drainase pinggir 0,5 meter.

Sementara untuk sodetan di Melong dengan lebar salurannya 8 meter, jalan 5 meter, drainase dan tembok penahan tanah masing-masing 0,5 meter.

"Tahun ini akan membuat DED untuk pembuatan embung di Pasir Kaliki dan di Melong. Tinggal melakukan sosialisasi ke warga di Melong, karena di Cigugur Tengah sudah sosialisasi," katanya.


Sedangkan untuk tahun depan mulai pembebasan lahan dan pengerjaan fisiknya.

"Paling telat, 2020 itu pembangunan fisiknya dimulai, tergantung ketersediaan anggaran," kata Nur. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help