Kecelakaan di Tanjakan Emen

Minimalisasi Kecelakaan di Tanjakan Emen, Pemprov Jabar Akan Bangun Escape Road

Aher mengatakan escape road ini akan dibangun menggunakan dana dari APBD Perubahan Jabar 2018.

Minimalisasi Kecelakaan di Tanjakan Emen, Pemprov Jabar Akan Bangun Escape Road
Kolase
Kecelakaan maut di Tanjakan Emen 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membangun escape road atau jalur keselamatan di beberapa titik di Jalan Raya Subang-Lembang, khususnya di kawasan Tanjakan Emen.

Pembangunan ini adalah upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas yang rawan terjadi di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Subang tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan secara garis besar permukaan jalan raya tersebut cukup bagus dan rata. Hanya saja, tanjakan yang curam dan berkelok kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Baca: Istri Sopir Bus Maut Tanjakan Emen Tak Percaya Suaminya jadi Tersangka, Amit-amit Semoga Enggak

Escape road atau jalur keselamatan ini akan dibangun di pinggir jalan utama, pada sejumlah titik tikungan curam. Dengan demikian, jika kehilangan kendali, kendaraan tidak langsung menabrak tebing, melainkan tertahan di escape road yang terbuat dari tumpukan pasir.

"Bagian bahu jalan itu kita lebarkan, supaya mencegah terjadinya kecelakaan serupa. Di situ dibuat escape road (di beberapa titik) sepanjang 5 kilometer," kata Gubernur yang akrab disapa Aher ini di Gedung Sate, Senin (12/2/2018).

Aher mengatakan escape road ini akan dibangun menggunakan dana dari APBD Perubahan Jabar 2018. Sedangkan untuk jangka panjang, rencananya akan dibangun jalan lingkar di sekitar Tanjakan Emen.

Baca: Pemerintah Akan Ubah Geometri Jalur Tanjakan Emen, Basuki: Akan Ada Safety Lane

"Ke depannya kita buat jalan lingkar, untuk jangka panjang. Semoga di anggaran perubahan tahun ini bisa buat escape road, jalan penyelamat. Ini ikhtiar kita mengurangi kecelakaan di sana," kata Aher.

Aher meminta semua perusahaan operator bus dan kendaraan umum lainnya untuk menjaga dan memeriksa kelaikan kendaraannya. Semua pengemudi kendaran, katanya, wajib memastikan kendaraan yang dikemudikannya aman.


Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help