TribunJabar/

Pilgub Jabar

10 Personel Polda Jabar Akan Kawal Cagub dan Cawagub

Polda Jabar menugaskan 80 personelnya untuk mengawal setiap calon gubernur atau wakil gubernur peserta Pilgub Jabar 2018.

10 Personel Polda Jabar Akan Kawal Cagub dan Cawagub
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Rapat Pleno Penetapan Cagub dan Cawagub Jabar 2018 di KPU Jabar, Senin (12/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Polda Jabar menugaskan 80 personelnya untuk mengawal setiap calon gubernur atau wakil gubernur peserta Pilgub Jabar 2018.

Masing-masing calon akan dikawal 10 personel sejak ditetapkan menjadi calon gubernur atau wakil gubernur Jabar sampai penetapan pasangan terpilih Pilgub Jabar 2018.

Kapolda Jabar Irjen Pol Budi Maryoto mengatakan 10 personel yang akan mengawal setiap calon tersebut bertugas dalam dua sift, dengan demikian, akan ada lima personel yang selalu melekat menjadi pengawal pribadi setiap calon.

Baca: Kabid Humas Polda DIY Sebut Penyerangan di Gereja St Lidwina Hanya Penganiayaan, Netizen: Jadi Apa?

"Kita pakai pengawalan khusus selama kegiatan. Semuanya melekat selama kegiatan sampai terpilih nanti ditetapkan. Setelah (pasangan calon terpilih) dilantik, personel selesai bertugas dan digantikan oleh yang formal," kata Kapolda seusai mengikuti kegiatan Rapat Pleno Penetapan Cagub dan Cawagub Jabar 2018 di KPU Jabar, Senin (12/2/2018).


Para personil ini, katanya, berjabatan perwira dan bintara. Mereka sebelumnya mendapat pelatihan sebagai pengawal pribadi di Sekolah Polisi Negara di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengingatkan kembali netralitas anggota Polri dan tidak boleh mengikuti politik praktis. Sanksi dari ketidaknetralan tersebut, katanya, bisa sampai pidana atau sanksi disiplin.

Untuk mengamankan Pilkada 2018, katanya, pihaknya sudah membentuk Satgas Cyber, Satgas Money Politic, dan Satgas Black Campaign, untuk mengantisipasi berbagai gangguan keamanan. Jika terdapat pelanggaran hukum, katanya, pihaknya akan langsung bertindak. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help