TribunJabar/

Trotoar di Depan Sekolah Rata dengan Jalan Raya, Siswa Sering Terserempet

Kondisi ini pun dikhawatirkan oleh para siswa. Menurut mereka, tanpa trotoar, berjalan kaki menjadi sangat riskan.

Trotoar di Depan Sekolah Rata dengan Jalan Raya, Siswa Sering Terserempet
Tribun Jabar/Seli Andina
Para siswa berjalan di pinggir jalan tanpa trotoar di depan SMAN Tanjungsari, Sabtu (10/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Sejak beberapa tahun terakhir, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, berada dalam kondisi krisis trotoar.

Sebagian besar trotoar yang berada di kanan kiri Jalan Raya Tanjungsari telah diratakan dan berubah menjadi bagian dari pelebaran jalan.

Seperti yang terjadi di depan daerah pendidikan di Tanjungsari, dari depan dan seberang SMAN 1 Tanjungsari hingga SMPN 1 Tanjungsari, sekira satu kilometer, tak ditemui lagi trotoar untuk pejalan kaki.

Kondisi seperti ini, menurut warga, sangat berbahaya, terutama di wilayah pendidikan yang sebagian besar pejalan kaki merupakan anak-anak.


"Bahaya, jalan di pinggir saja tetap bisa terseret mobil, tidak ada trotoar kan," ujar Susanti (26), warga Tanjungsari yang biasa berjalan kaki di depan SMAN Tanjungsari untuk berjualan, Sabtu (10/2/2018).

Kondisi ini pun dikhawatirkan oleh para siswa. Menurut mereka, tanpa trotoar, berjalan kaki menjadi sangat riskan.

Bahkan, tak sedikit kejadian siswa yang terserempet kendaraan padahal berada di pinggir jalan yang seharusnya adalah lokasi trotoar.

Baca: Sergio van Dijk Ungkap Keinginan Kembali ke Persib, Tapi Bukan Untuk Jadi Pemain

"Takut, soalnya kan jalan depan sekolah itu lurus, terus banyak yang ngebut, banyak juga kendaraan yang saling menyalip menggunakan pinggir jalan, kan lumayan lebar," ujar Annisa (15), siswi SMAN Tanjungsari.

Annisa berharap ada tempat yang dapat menjadi lokasi aman bagi pejalan kaki untuk siswa sepulang sekolah. "Jangan semuanya dibikin jalan kalau bisa," ujar Annisa. (*)

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help