Komunitas Pecinta Merpati

Ratusan Merpati Beradu Cepat dan Ketinggian Terbang Serta Lewati Rintangan di Tasikmalaya

Ratusan burung merpati beradu tangkas dalam ajang lomba tingkat nasional putaran ketiga di Lapak Maya Graha, Cikurubuk, Kota Tasimalaya . . .

Ratusan Merpati Beradu Cepat dan Ketinggian Terbang Serta Lewati Rintangan di Tasikmalaya
TRIBUN JABAR/ISEP HERI
Suasana ajang lomba balap merpati tinggi tingkat nasional putaran ketiga di Lapak Maya Graha, Cikurubuk, Kota Tasimalaya, Sabtu (10/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Ratusan burung merpati beradu tangkas dalam ajang lomba tingkat nasional putaran ketiga di Lapak Maya Graha, Cikurubuk, Kota Tasimalaya, Sabtu (10/2/2018).

Sebanyak 686 pecinta burung dari berbagai daerah mengikutsertakan merpati andalannya dalam lomba tingkat nasional yang diadakan oleh Persatuan Merpati Tinggi Indonesia (PMTI).

Acara yang digelar selama dua hari hingga Minggu (11/2/2018) besok memperebutkan hadiah total sebesar Rp 75 juta, juara pertama mendapatkan hadiah sebuah sepeda motor seharga Rp 30 juta.

Burung merpati yang diperlombakan hari ini adalah kategori terbangan tinggi, yang mana ukuran penilaiannya ditentukan tidak hanya kecepatan tetapi juga ketangkasan merpati melewati halang rintang.

Baca: Penyanyi Rap Rich Brian Dikejar Seorang Wanita Lalu Dipeluk Erat, Ini yang Terjadi Kemudian

Jarak yang harus ditempuh jagoan merpati kali ini berjarak sekira 1,7 km, selain itu merpati diharuskan memasuki sebuah lubang halang rintang yang berbentuk kotak 9 x 9 meter dan harus mendarat mulus di atas bantalan yang telah disediakan.

Di tengah terik cuaca Kota Tasikmalaya hari ini, terdengar teriakan para pemilik merpati yang saling bersahutan memanggil merpati jagoannya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Heri (40) menjelaskan tujuan dari digelarnya acara ini, selain memperebutkan hadiah yang ada adalah sabagai sarana silaturahmi bagi para pecinta burung merpati balap.


"Adanya gelaran nasional ini para pecinta merpati tinggi dari berbagai daerah bisa saling bersilaturahmi dan juga saling berbagi," katanya saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, acara hari ini merupakan gelaran ketiga di tahun 2018, setelah sebelumnya acara serupa di gelar di Bandung dan Purwokerto.

Heri menjelaskan, event adu ketangkasan merpati ini akan dilakukan sebanyak 20 putaran sepanjang tahun ini, yang mana puncaknya akan digelar akhir tahun nanti akan memperebutkan hadiah mobil.

"Setelah selesai acara di Tasikmalaya minggu ini, PMTI selanjutnya akan menggelar acara serupa di Kebumen pekan depan, dan acara ini akan berlangsung selama setahun di tempat berbeda tentunya," ujarnya. (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help