TribunJabar/
Home »

Garut

Garut Butuh 1.217 Unit Rumah Bagi Warga Korban Banjir Bandang

Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, akibat banjir bandang yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, sedikitnya ada . .

Garut Butuh 1.217 Unit Rumah Bagi Warga Korban Banjir Bandang
ISTIMEWA
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - ‎ Pemerintah Kabupaten Garut menyebutkan, jumlah ideal rumah yang dibutuhkan bagi korban banjir bandung yakni sekira 1.217 rumah.

Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, akibat banjir bandang yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, sedikitnya ada 2.458 rumah yang mengalami kerusakan ringan maupun berat.

Dari total keseluruhan tersebut, sebagian besarnya telah di relokasi ke beberapa rumah tapak dan rusunawa yakni di Kecamatan Tarogong Kidul, Karangpawitan, dan Cilawu.

Baca: Link Live Streaming Semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018, Tonton di Sini Segera!

Baca: Wanita Jepang Ini Disiksa Kakeknya Hingga Badannya Kurus Kering Seakan Tinggal Kulit dan Tulang

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, dalam 2018 ini baru 75 persen saja dan direncanakan semua korban yang rumahnya mengalami kerusakan berat akan rampung di tahun ini pula.

"Hari ini di Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan, saat ini kembali ditempati oleh puluhan kepala keluarga (KK) korban banjir bandang," kata Helmi di lokasi rumah tapak di Karangpawitan, Kabupaten Garut, Sabtu (10/1/2018).

Helmi mengatakan, rumah tapak dan rusunawa yang diperuntukkan bagi korban banjir ini dibangun oleh para donatur dan pemerintah pusat.

"Kita menyediakan lahan, donatur yang membangunnya," kata Helmi.

Tak pandang bulu, kata Helmi, ‎bagi korban yang rumahnya mengalami kerusakan ringan, pihak pemerintah pun memberikan santunan pula.

"Kita tidak memberikan hunian, tapi hanya memberikan berupa kadeudeuh ‎(hadiah) saja," kata Helmi. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help