Kicau Mania! Ini Tips dan Trik Melatih Burung Agar Selalu Unggul dalam Kontes Berkicau

Instruktur penilai dari Radjawali Indonesia, Nank Dikdik (38) memberikan sejumlah tips merawat burung agar unggul dalam kontes berkicau.

Kicau Mania! Ini Tips dan Trik Melatih Burung Agar Selalu Unggul dalam Kontes Berkicau
TRIBUN JABAR/Fasko Dehotman
Sangkar burung yang terdapat di sekitar area CGV Cinemax PVJ Bandung, Senin (4/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Instruktur penilai dari Radjawali Indonesia, Nank Dikdik (38) memberikan sejumlah tips merawat burung agar unggul dalam kontes berkicau.

Nank mengatakan ada dua macam burung dalam kontes, yakni burung dari indukan jawara dan non-jawara.

Gen indukan jawara tersebut berarti, burung tersebut berasal dari induk yang berhasil memenangkan berbagai macam kontes. Kendati begitu, indukan non-jawara pun bisa dilatih untuk menjadi jawara berikutnya.

"Selain dilatih, tinggal perawatan yang rutin dari pola pakan. Pola pakan ada dua sebutannya, ada pakan pokok sama ekstra puding," ujar Nank, saat diwawancarai Tribun Jabar, di TPU Cikadut, Jalan Cikadut No.34, Jatihandap, Mandalajati, Kota Bandung, Rabu (7/2/2018).

Baca: Persiapan Jelang Liga 1, Persib Masih Terhalang 3 Kendala Ini, Mario Gomez Merasa Terhambat

Memang, diakuinya setiap burung punya ciri khas berbeda soal makanan. Misalnya, pola pakan ekstra puding tersebut bermacam-macam bentuknya tergantung jenis burungnya.

"Kayak di love bird biasanya ada yang menggunakan jagung, bayam, atau kangkung. Untuk jenis ocehan menggunakan pokok, jangkrik, ulat hongkong. Kalau jenis kenari ketimun, telur puyuh," ujar dia.

Nank menuturkan perawatan tergantung dari jenis burungnya. Secara pasti, perawatan dilakukan dengan rutin tiap hari dengan menu yang berbeda. Perawat burung pun harus jeli melihat keinginan makan burung, sehingga pakan yang diberikan bisa disesuaikan.

Untuk melatih suara burung menjadi bagus tergantung keinginan dari pemilik burung yang bersangkutan mau menggunakan alat apa saja sesuai kebutuhannya.

Halaman
12
Penulis: Ery Chandra
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help