Jurinya dari Jepang, Ratusan Penggemar Ikan Koi Se-Indonesia Ikuti Lomba dan Pameran di Ciamis

Untuk kedua kalinya Galuh Nishikigoi Club (GNC), wadah para penggemar ikan koi di Ciamis, menyelenggarakan pameran dan lomba ikan koi

Jurinya dari Jepang, Ratusan Penggemar Ikan Koi Se-Indonesia Ikuti Lomba dan Pameran di Ciamis
play.google.com
Ikan Koi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Untuk kedua kalinya Galuh Nishikigoi Club (GNC), wadah para penggemar ikan koi di Ciamis, menyelenggarakan pameran dan lomba ikan koi tingkat nasional. Tahun 2018 ini berlangsung di Gedung Islamic Centre Ciamis mulai Jumat-Minggu (9-11/2/2018).

Ratusan penggemar ikan koi dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul di Ciamis mengikui pameran dan lomba ikan koi berjudul “Young Koi Show 2018”.

Mereka berasal dari berbagai kota di P Jawa tetapi juga dari Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi seperti dari Palembang, Lampung, Balikpapan tentunya tak ketinggalan para penggemar ikan koi dari sentra ikan koi nasional Blitar dan Tulung Agung. JUmlah ikan koi yang akan diikut lombakan sekitar 800 ekor, dengan berbagai kelas yang dilombakan.

PAMERAN IKAN KOI – Persiapan pelaksanaan pameran dan lomba ikan koi yang akan diselanggarakan Galuh Nishikigoi Club (GNC) di Gedung Dakwah Islamic Centre Ciamis Jumat-Minggu (9-11/2). Sebanyak 60 bak terpal (vat) disiapkan dengan air alami dari Gunung Galunggung sudah disiapkan, Kamis (8/2/2018).
PAMERAN IKAN KOI – Persiapan pelaksanaan pameran dan lomba ikan koi yang akan diselanggarakan Galuh Nishikigoi Club (GNC) di Gedung Dakwah Islamic Centre Ciamis Jumat-Minggu (9-11/2). Sebanyak 60 bak terpal (vat) disiapkan dengan air alami dari Gunung Galunggung sudah disiapkan, Kamis (8/2/2018). (TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI)

Menurut Ketua GNC, Kusman Candra, pameran dan lomba ikan koi kali ini berbeda dengan kegiatan yang diselenggarakan GNC di Gedung Karya Rahayu tahun 2017 lalu. Pameran dan lomba yang dilaksanakan tahun 2018 ini ada peningkatan kelas.

Baca: Baca Surat Al Kahfi Amalan Sunah Rasulullah di Hari Jumat, Manfaat Nomor 2 Anda Selamat dari Dajjal

“Dulu kelasnya yunior sekarang kelas young. Jumlah pesertanya lebih banyak. Dan jurinya pun dari Jepang. Dua juri dari Jepang serta enam juri nasional,” ujar Kusman Candra yang didampingi Ketua Panitia “2-nd GNC Young Koi Show” Dian Udeng saat ditemui Tribun Jabar, Kamis (8/2).

Pada kegiatan “1-st GNC Yunior Koi Show” tahun 2017, ikan koi yang dilombakan ukuran 15 cm sampai 55 cm sementara pada “2-nd GNC Young Koi Show: tahun 2018 ini ikan koi yang dilombakan ukuran 15 cm sampai 65 cm. Hadiah total yang diperebutkan mencapai Rp 87 juta berikut piagam, trophy, medali serta door prize berupa logam mulia.

Sebagai sentra perikanan rakyat, di Ciamis juga sudah banyak petani yang menjalani usaha budidaya ikan koi yang secara ekonomi lebih menjanjikan.

Dan bibit dan benih berkualitasnya disuplai oleh GNC dengan system plasma. “2-nd GNC Young Koi Show” yang berlangsung di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis sejak Jumat-Minggu (9-11/2) dari siang sampai malam tersebut tak hanya sekedar wadah lomba tapi juga forum silaturahmi para penggemar ikan koi setanah air berikut juga para peternak ikan koi.

Menurut Dian Udeng, hari Jumat (9/2) siang merupakan “fish entry” ikan-ikan yang akan diikutkan lomba didaftarkan dan masuk lokasi lomba.

Sebanyak 60 vat (bak terpal) sudah disediakan berikut air gunung yang disediakan khusus yang bersumber dari Gunung Galunggung Tasikmalaya.

Selain lomba, paad kegiatan “2-nd GNC Young Koi Show” tersebut juga dilaksanakan lelang ikan koi berbagai ukuran yang bisa diikuti para penggemar maupun masyarakat umum (*)


Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help