TribunJabar/

Berniat Beli Motor Bekas? Perhatikan Tips Ini Sebelum Anda Melakukan Transaksi

Membeli sepeda motor bekas masih menjadi pilihan calon pembeli yang berupaya bersikap efisien dalam mengatur keuangan.

Berniat Beli Motor Bekas? Perhatikan Tips Ini Sebelum Anda Melakukan Transaksi
Tribun Jabar/Ery Chandra
Seorang perempuan sedang berada di Diler Terang Motor, toko motor bekas, Jalan Ciateul Nomor 154, Kota Bandung, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Membeli sepeda motor bekas masih menjadi pilihan calon pembeli yang berupaya bersikap efisien dalam mengatur keuangan.

Tapi sebelum menentukan pilihan dan melakukan transaksi, pastikan motor bekas yang akan dibeli dalam kondisi baik dan tidak akan merepotkan ketika motor itu sudah jadi milik Anda.

Pengelola Diler Terang Motor, Felix Hans, mengatakan yang pertama harus diperhatikan saat akan membeli motor adalah kondisi bodi sepeda motor. Lantas, menanyakan garansi motor dan kelengkapan surat-surat dari motor tersebut.

"Tanyakan kondisinya seperti apa dan garansinya berapa lama, tangan pemilik ke berapa, pajak progresifnya, STNK-nya," ujar Felix saat ditemui di tokonya, Jalan Ciateul Nomor 154, Kota Bandung, Kamis (8/2/2018).

Baca: Mengejutkan, Michael Essien Dikabarkan Akan ke Persipura Jayapura

Semua pertanyaan itu, kata Felix, tepat dilakukan jika Anda membeli motor bekasnya di toko sepeda motor bekas atau show room.

"Saya memang menyerankan akan lebih baik jika beli sepeda motor bekas di show room yang terpercaya," katanya.

Apabila, Anda merasa tertarik untuk membeli sepeda motor bekas yang biasa dipajang di pinggir jalan, Felix juga menyarankan agar Anda memahami tentang kondisi sepeda motor.


"Untuk orang yang mengerti motor bisa mengecek langsung. Tapi yang enggak ngerti saran saya lebih baik bawalah montir dari bengkel kepercayaan atau jika punya kenalan yang lebih ngerti bawa saja buat mengecek. Namun biasanya motor bekas di pinggir jalan itu tidak disertai garansi," ujar dia.

Felix juga menerangkan bahwa harga motor bekas di show room akan lebih tinggi dibanding dengan yang di pinggir jalan, karena biasanya motor bekas yang di show room memiliki garansi.

Ditambahkan Felix, calon pembeli juga bisa menanyakan apakah bisa melakukan tes ride atau tidak untuk mengetahui kondisinya masih enak dipakai atau tidak.

Sebagai langkah akhir sebelum melakukan transaksi, khususnya bagi sepeda motor bekas yang memiliki garansi, dikatakan Felix, calon pembeli harus menanyakan tentang surat perjanjiannya dengan pihak diler motor terkait garansi.

"Calon pembeli harus tahu dan paham dulu isi perjanjiannya. Kalau di show room saya menggaransikan motor bisa dikembalikan dan uang kembali utuh 100 persen, jika pada motornya ada masalah dan sesuai dengan isi perjanjian," kata dia. (*)

Penulis: Ery Chandra
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help