Home »

Garut

Nenek di Tasikmalaya Ini Mengaku Berusia 131 Tahun, tapi di KTP Tertulis Kelahiran Tahun 1920

"Pada saat bikin KTP Emak, pakai sistem tembak saja tahun lahirnya. Mengingat dulu kan boro-boro ada akta lahir," kata Enung

Nenek di Tasikmalaya Ini Mengaku Berusia 131 Tahun, tapi di KTP Tertulis Kelahiran Tahun 1920
tribunjabar/isep heri
Nenek Iwik warga Kampung Munjul, Desa Sukasukur, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, saat menunjukan kartu tanda penduduk miliknya di rumahnya, Rabu (7/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Seorang nenek warga Kampung Munjul, Desa Sukasukur, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya mengaku berusia 131 tahun.

Namun saat melihat tulisan yang tertera dalam kartu tanda penduduk (KTP) nenek bernama Iwik ini tercatat lahir pada tahun 1920.

Namun menurut Nenek Iwik dan Enung (52), cucunya, saat pembuatan KTP, pendataan dilakukan tidak sesuai fakta karena kurangnya bukti.

Baca: Mulan Jameela Blak-Blakan Balas Sindiran Maia Estianty hingga Kelakuan Al El Doel

"Pada saat bikin KTP Emak, pakai sistem tembak saja tahun lahirnya. Mengingat dulu kan boro-boro ada akta lahir," kata Enung saat di temui Tribun Jabar di kediaman Nenek Iwik, Rabu (7/2/2018) sore.

Menurut Enung, neneknya ingat betul peristiwa di masa lalunya bahkan ingat usianya berapa.


Nenek Iwik kini hidup sendiri di rumah berukuran 5 meter x 7 meter, setelah ditinggal suaminya pada 1973. I hanya memiliki seorang anak perempuan yang sudah meninggal dunia.

Dari anaknya itu Nenek Iwik mempunyai empat orang cucu yang saat ini sudah berkeluarga.

Nenek Iwik kondisinya masih terlihat bugar, giginya pun masih terlihat rapi, namun ia mengaku sudah mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan.


Kesehariannya ia mengurusi makam warga yang berada di belakang rumahnya.

Dari pekerjaanya itu Nenek Iwik tidak mematok tarif sepeser pun, namun ada saja warga yang memberinya uang.

Terkadang untuk makan, Nenek Iwik hanya mengandalkan uluran tangan tetangga selain mendapatkan bantuan makanan dari cucu-cucunya yang sudah berkeluarga.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help