Selama Tahun Lalu, 97 Ekor Kukang Diamankan, 15 Kukang Dilepasliarkan Hari Ini

Sementara kukang hasil sitaannya juga akan dibebaskan ke alam setelah menjalani rehabilitasi

Selama Tahun Lalu, 97 Ekor Kukang Diamankan, 15 Kukang Dilepasliarkan Hari Ini
Tribun Jabar/Andri M Dani
Kukang diamankan, Ciamis, Selasa (6/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS– Selama tahun 2017, BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis telah mengamankan 97 ekor kukang dari berbagai daerah di Jabar.

Kukang-kukang, baik dari hasil sitaan petugas maupun dari penyerahan warga yang selama ini binatang itu.

Dari 97 ekor kukang tersebut, di antaranya 15 ekor dilepasliarkan ke lokasi habituasinya di Blok Awilega Gunung Sawal Ciamis, Selasa (6/2/2018).

Pelepasan liar 15 ekor kukang tersebut melibatkan 10 orang petugas BKSDA dan 9 relawan dari IAR Indonesia yang dipimpin Karmele L Sanchez
Pelepasan liar 15 ekor kukang tersebut melibatkan 10 orang petugas BKSDA dan 9 relawan dari IAR Indonesia yang dipimpin Karmele L Sanchez (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Lima belas kukang ini sempat melewati masa rehabilitasi di pusat rehalitasi kukang yang dikelola Inisiasi Alam Rehabiltasi (IAR) Indonesia di Ciapus Bogor selama 1 tahun.


“Di antaranya merupakan sitaan petugas dari seorang penampung di Tasikmalaya yang sudah menjalani proses hukum. Pelakunya sudah bebas, sudah menjalani hukuman. Sementara kukang hasil sitaannya juga akan dibebaskan ke alam setelah menjalani rehabilitasi,” ujar Untung Wantoro, analis data perlindungan satwa BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis, Selasa (6/2/2018).

Untung Wantoro mengatakan hal itu saat pemberangkatan tim IAR Indonesia dan petugas BKSDA Wilayah III Jabar Ciamis dari kantor BKSDA Ciamis menuju lokasi habituasi Kukang Blok Awilega Gunung Sawal.

Baca: 5 Fakta Dramatis Evakuasi Korban Longsor di Bandara Soetta, 12 Jam Berjuang Hingga Tak Selamat

Banyaknya kukang yang diamankan itu karena maraknya perdagangan kukang baik secara tradisional (konvesional) dan kini mulai berkembangnya pemasaran kukang secara online.

Banyak penggemar kukang yang memburu binatang itu untuk dipelihara di rumahnya tak hanya sekedar hobi tetapi juga untuk tujuan tertentu yang sangat mengancam populasi primata malam tersebut. (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help