Longsor di Jalur Puncak

Kepala Badan Geologi ESDM Sempat Sebut Soal Adanya Vila Saat Menjelaskan Penyebab Longsor di Bogor

Pengaruh aktivitas manusia seperti penggunaan lahan oleh penduduk setempat untuk permukiman atau pembangunan vila, disebut . . .

Kepala Badan Geologi ESDM Sempat Sebut Soal Adanya Vila Saat Menjelaskan Penyebab Longsor di Bogor
TRIBUN JABAR/Yongky Yulius
Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ir Rudy Suhendar menjelaskan kepada wartawan mengenai longsor. Gambar diambil di ruang informasi gedung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (6/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Pengaruh aktivitas manusia seperti penggunaan lahan oleh penduduk setempat untuk permukiman atau pembangunan vila, disebut tak berpengaruh esktrem terhadap terjadinya longsor di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Pernyataan itu disampaikan oleh oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ir Rudi Suhendar kepada wartawan, di ruang informasi gedung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (6/2/2018).

"Kalau yang di puncak saya kira itu sudah lama ya. Pengaruh dari (aktivitas) manusianya tidak terlalu ekstrem," ujarnya.

Namun, Rudi juga tak memungkiri jika fungsi tata air pada lereng dapat terganggu karena tertutup bangunan.

Baca: Ngeri! Laba-laba Berekor Seperti Kalajengking Ditemukan Para Ilmuwan

"Kadang-kadang lereng ada pemotongan. (Itu dapat berakibat) fungsi tata air di atasnya tidak teratur. Tata air bisa tertutup bangunan. Air (hujan) bisa begitu saja masuk ke daerah yang rawan (longsor)," katanya.

Selain itu, Rudi juga tak memungkiri, penggunaan lahan oleh penduduk setempat seperti untuk permukiman dapat berpengaruh terhadap terjadinya longsor.

"Pengaruh penggunaan lahan terhadap longsor itu ada. Hanya saya belum bisa mengspesifikkan apakah itu adalah akibat, sebut saja, penggunaan lahan setempat saat ini. Karena di tempat lain masih stabil. Tapi pengaruh tutupan lahan terhadap longsor itu ada," ujarnya.


Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved