Longsor di Jalur Puncak

Jalur ke Puncak Ditutup Minimal sampai 10 Hari ke Depan

Hal itu dikatakan Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman saat meninjau lokasi longsor di kawasan Puncak, Kabupaten bogor, Selasa (6/2/2018).

Jalur ke Puncak Ditutup Minimal sampai 10 Hari ke Depan
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Tanggul karung di Jalan Puncak Pass membuat jalan hanya bisa digunakan setengah badan jalan, jalur Puncak masih dilakukan sterilisasi karena masih dilakukan pembersihan sisa longsor, Selasa (6/2/2018) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNJABAR.CO.ID, CISARUA - Jalur wisata puncak rencananya akan ditutup total hingga 10 hari ke depan.

Hal itu dikatakan Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman saat meninjau lokasi longsor di kawasan Puncak, Kabupaten bogor, Selasa (6/2/2018).

"Sampai batas kapan (penutupan) ya kita lihat nanti, bisa seminggu, bisa dua minggu dan seterusnya, perkiraan kita nanti sampai 10 hari, nanti kita tinjau kembali," ujar jendral bintang satu itu ketika ditemui TribunnewsBogor.com.

Ia melanjutkan, akibat longsor yang terjadi di Kawasan Riung Gunung, Puncak Bogor, pihaknya terpaksa menutup kawasan Puncak tersebut dari kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tidak hanya karena evakuasi di lokasi Longsor Puncak belum juga membuahkan hasil, ia juga menjelaskan bahwa ada faktor lain yakni kondisi dari jalan dan tanah di kawasan tersebut.

Baca: Korban Tewas Longsor di Cijeruk Ditemukan, Kondisinya Saling Berpelukan

Baca: Veronica Tan Buka Suara, Sebut Ahok Tak Konsisten sampai yang Paling Disebelin

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman
Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Hal senada juga diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi.

Menurut Budi, hal tersebut adalah kesepakatan dalam rapat di Riung Gunung antara Polres Bogor, BPBD Kabupaten Bogor, Dinas Sosial dan PU Binamarga.

Ia mengatakan dari kesepakatan tersebut akan dilakukan penanganan Puncak selama 10 hari dan di lokasi longsor di Ciloto, Cianjur menurutnya akan lebih lama karena di sana ada tanah keropos.

"Dalam waktu 10 hari itu akan kita lihat, kita tinjau apakah cukup karena penanganan di Cianjur akan lebih dari itu. Kemudian sepeda motor karena diskresi kepolisian, masih memungkinkan untuk menggunakan jalan ini tapi melihat bagaimana kepentingan dan kondisi," kata Budi.(*)


Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved