Pilwakot Bandung

Film Dilan 1990 Jadi Inspirasi Yana Mulyana Bangun Kota Bandung

Bacawalkot Bandung, Yana Mulyana menggelar nonton bareng Dilan 1990 di Braga XXI, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (2/2/2018).

Film Dilan 1990 Jadi Inspirasi Yana Mulyana Bangun Kota Bandung
Tribun Jabar/Cipta Permana
Bakal Calon Wakil Wali kota Bandung, Yana Mulyana berfoto bersama dengan para pelajar usai menggelar nobar Dilan 1990 bersama para pelajar dan mahasiswa di Braga XXI, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (2/2/2018) / Cipta Permana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Besarnya animo masyarakat Kota Bandung, terutama kawula muda saat ini untuk menyaksikan film Dilan 1990, menarik rasa penasaran bakal calon Wali Kota Bandung, Yana Mulyana untuk turut menyaksikan film yang di adopsi dari judul novel dengan nama serupa, karya seniman asal kota kembang, Pidi Baiq.

Yana yang menggelar nonton bareng (nobar) film tersebut bersama sejumlah mahasiswa dan pelajar se Kota Bandung tersebut, menyebutkan film yang mengambil latar seting suasana Kota Bandung tempo dulu ini, tidak saja merekam adegan yang menegaskan ciri dan karakter kaum muda Kota Bandung, tapi juga berhasil menumbuhkan kesadaran kaum muda untuk memelihara dan menjaga kotanya. 

Ia pun mengaku terkesan dan mengapresiasi alur cerita yang dimainkan, karena dapat mudah dicerna dan menunjukkan kreativitas sang sineas dalam memotret kota Bandung. Hal ini mengilhami Kang Yana sapaan akrabnya untuk mendorong para mahasiswa dan pelajar memahami pesan yang ditampilkan dalam film tersebut. 

Baca: Ada Dua Parpol di Purwakarta yang Belum Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual

"Saya tentunya berharap mereka dapat mengambil inspirasi dari film yang berdurasi hampir dua jam ini, dapat berperan menjadi pendorong bagi tumbuh berkembangnya jiwa-jiwa kreatif hingga dapat menjalarkan nalar kreatifnya kepada pemuda-pemudi lainnya," ujarnya usai menggelar nobar di Braga XXI, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (2/2/2018).

Yana mengatakan, untuk membangun jiwa kreativitas para pemuda, dibutuhkan ruang-ruang kebebasan berekspresi, maka peran dan kehadiran pemerintah kota diperlukan. Terutama dalam mendorong dan memfasilitasi agar gerak kebebasan bertumbuh secara semestinya.

Menyinggung peran Pemerintah Kota Bandung saat ini, Yana menuturkan, pemerintahan yang dipimpin oleh Ridwan Kamil dan Oded M Danial selama ini telah berhasil membangun dan memberikan saluran yang positif bagi tumbuhnya daya kreativitas kaum muda kota ini.

Sehingga yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana agar terjadi proses berksinambungan dalam memelihara sumber daya yang sudah bermunculan tersebut.

Baca: Sosialisasi Pilkada Digelar dalam Acara Beauty Class, Ineu : Harus Kreatif dan Bermanfaat

"Maka inilah kenapa kami mengambil tagline: Lanjutkan Bandung Juara. Tentu saja saya bersama Mang Oded (Oded M Danial) ingin agar keberhasilan yang sudah dilakukan Kang Emil dan Mang Oded berlanjut. Hanya tinggal bagaimana yang sudah berhasil makin ditingkatkan dan yang masih dalam proses pembangunan mencapai hasil yang baik," ucapnya.

Ia pun tidak menampik setelah menyaksikan film Dilan 1990 tersebut, memberikan gambaran mengenai rencana pembangunan yang akan dilakukannya bersama Mang Oded di masa yang akan datang.

Dimana gambaran situasi yang nyaman sebagai tempat bertumbuhnya jiwa-jiwa kreatif harus dihadirkan di tengah-tengah masyarakat.

"Saya mengalami benar bagaimana suasana Kota Bandung saat itu, nyaman, sejuk dan indah. Film Dilan menggambarkan itu semua. Intinya film ini ingin memberitahu kepada anak muda zaman now, bahwa Bandung dulu itu indah, makanya kita bersama harus mengembalikan keindahan Kota Bandung ini," katanya. 

Baca: Yana Mulyana : Semua Pasangan Calon Sudah Paham Soal Permasalahan Kota Bandung

Penulis: Cipta Permana
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help