TribunJabar/

Peringatan Satu Abad Pahlawan Palangkaraya Tjilik Riwut: Petehku Isen Mulang

SR Iboe Inggit Garnasih menginisiasi peringatan Satu Abad Tjilik Riwut di Jalan Braga No. 45, Kota Bandung, Kamis (1/2/2018).

Peringatan Satu Abad Pahlawan Palangkaraya Tjilik Riwut: Petehku Isen Mulang
istimewa
Poster peringatan satu abad Tjilik Riwut 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - SR Iboe Inggit Garnasih menginisiasi peringatan Satu Abad Tjilik Riwut di Jalan Braga No. 45, Kota Bandung, Kamis (1/2/2018).

Tjilik Riwut merupakan sosok pahlawan nasional asli Dayak. Pada tahun 1998, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Tjilik menjadi pahlawan nasional, berdasarkan SK Presiden No. 107/TK/1998 tertanggal 6 November 1998.

Kiprahnya sangat berarti besar bagi Kalimantan dan warganya, juga bagi seluruh wilayah di Indonesia.

Koordinator acara Satu Abad Tjilik Riwut, Gatot gunawan (28), mengatakan pada acara peringatan Tjilik Riwut akan digelar serangkaian kegiatan, yang bertujuan untuk lebih mengenal Tjilik Riwut.

Baca: Dinilai Lokasinya Kurang Strategis, Ini Harapan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tasikmalaya

"Lebih renungan suci konsepnya. Nanti malam pembacaan riwayat hidup, doa, nyanyi indonesia raya, sumpah setia yang pernah diucapakan Tjilik, muterin musik lagu mohing asang, itu sebuah agu perang suku dayak," ujar Gatot, saat dihubungi Tribun Jabar, melalui sambungan telepon, Kota Bandung, Kamis (1/2/2018).

Gatot menuturkan, pesan yang hendak disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah bahwa anak muda terutama yang bergiat di SR Iboe Inggit Garnasih bisa memperingati hari lahir sosok pahlawan bangsa terlepas dari mana asal suku dan agama apapun.

"Satu keluarga Indonesia wajib diperingati. Semangat beliau kesetiaan kepada republik yang mau disampaikan loyalitas kepada bangsa tanpa menghitung untung rugi," kata dia.

Baca: Pecah di Mulut! Nikmatnya Pizza Meat lover di Pizza Corner Madame Ema Ini

Acara tersebut terbuka untuk umum bagi yang berminat untuk berpatisipasi. Acara tersebut digelar pada pukul 19.30 WIB. Bertempat di Rofftop Chez Bon Hostel, Jalan Braga Nomor 45, Kota Bandung.

Sementara itu, kata Gatot, peringatan Satu Abad Tjilik Riwut puncaknya akan dilaksanakan di Palangkaraya pada Jumat (2/2/2018).

Penulis: Ery Chandra
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help