OJK: Jawa Barat Baru Miliki 5 LKM Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM) syariah.

OJK: Jawa Barat Baru Miliki 5 LKM Syariah
DOKUMENTASI TRIBUN MEDAN
Otoritas Jasa Keuangan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM) syariah.

Karena LKM ini dapat mengatasi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat.

Namun hingga pertengahan Januari 2018, jumlah LKM Syariah yang telah diberi ijin dan diawasi oleh OJK hanya 16 LKM Syariah yang berbadan hukum koperasi dilingkungan ponpes diseluruh Indonesia.

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Sarwono mengatakan, LKM Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat dilingkungan Pesantren.

Karakteristik utama lembaga ini adalah adanya pendampingan dan pendekatan kelompok, tidak menghimpun Dana dari masyarakat.

Sumber Dana berasal dari donatur dan menyalurkan Pembiayaan dengan imbal hasil rendah, setara 3 % per tahun.

"Mereka juga akan menerima pendampingan mengelola bisnisnya secara berkala mengenai pengembangan usaha disertai dengan pendidikan agama yang dilakukan setiap kali pertemuan kelompok," katanya di Bandung, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, lendirian LKM Syariah merupakan salah satu upaya untuk mengatasi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah saat ini.

Program tersebut berawal dari terbentuknya KNKS, Komite Nasional Keuangan Syariah yang merupakan wadah koordinasi, sinkronisasi dan sinergi arah kebijakan serta program strategis pembangunan nasional di sektor keuangan.

KNKS dipimpin langsung oleh Presiden RI dan Wapres yang memiliki tugas yaitu mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah deal rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

"Sebagai salah satu anggota KNKS tersebut, OJK membantu mendorong program pemberdayaan masyarakat melalui LKM Syariah di lingkungan Pesantren untuk menjadi program unggulan KNKS yang diketuai oleh Presiden," katanya.

Ia menambahkan, di Jabar sudah 5 LKM Syariah yang telah beroperasional, dan dua diantaranya di Ciamis, yakni Koperasi LKMS Ranah Indah Darussalam dan Koperasi LKMS Nahdlatul Wathon Cijantung.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help