Home »

Garut

Umat Muslim, Ini Amalan yang Sebaiknya Dilakukan Saat Gerhana Bulan

Gerhana atau khusuf adalah peristiwa yang mana cahaya bulan akan menghilang baik sebagian atau total pada waktu malam hari

Umat Muslim, Ini Amalan yang Sebaiknya Dilakukan Saat Gerhana Bulan
net
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Banyak cara untuk menikmati momen gerhana bulan total, di antaranya yaitu melaksanakan ibadah sunnah bagi umat muslim atau mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera.

Gerhana atau khusuf adalah peristiwa yang mana cahaya bulan akan menghilang baik sebagian atau total pada waktu malam hari.

Bagi umat muslim amalan sunnah saat gerhana yaitu melakukan bersedekah, taubat dari maksiat, mengajarkan kebaikan, memperbanyak doa, melantukan takbir, dan memperbanyak zikir.

Baca: Iseng, Sunardi Bikin Teropong Berbahan Paralon, Nanti Malam Akan Dipakai Amati Gerhana Bulan

Akan tetapi, menurut Rais Syuriyah, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Garut, R Amin Muhyiddin Maulani,menyebutkan, amalan ini adalah sunnah dan tidak wajib dilakukan.

Kendati begitu, sayang jika fenomena gerhana bulan total ini hanya dilewati begitu saja.

"Bagi masyarakat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat di masjid dan pesantren terdekat," kata Amin Muhyiddin di Kantor PCNU, Jalan Suherman, Kabupaten Garut, Selasa (31/1/2018).

Baca: Raih Rekor Buruk di Piala Presiden, Persib Tetap Minta Dukungan Bobotoh

Agar hal ini tetap dilakukan, kata Amin, perlu adanya bimbingan dari orang tua kepada anak-anaknya saat gerhana bulan total berlangsung.

"Berikan pengertian secara arif dan bijak, agar dapat memahami ajaran Rasullah ini," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help