TribunJabar/

Usai Bayar Denda Rp 2 Miliar, Perusahaan Pencemar Lingkungan di Purwakarta Ini Harus Bersihkan Rawa

Menindaklanjuti vonis MA terhadap PT IBR yang telah ditetapkan terbukti melanggar UU Lingkungan Hidup, Kejari Purwakarta mengeksekusi . . .

Usai Bayar Denda Rp 2 Miliar, Perusahaan Pencemar Lingkungan di Purwakarta Ini Harus Bersihkan Rawa
TRIBUN JABAR/Haryanto
Kasie Pidana Umum Kejari Purwakarta, Sucipto saat ditemui di Kantornya, Jalan Siliwangi, Nagri Kidul, Purwakarta, Senin (22/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.CO.ID, PURWAKARTA - Menindaklanjuti vonis Mahkamah Agung terhadap PT Indo Bharat Rayon (IBR) yang telah ditetapkan terbukti melanggar Undang-undang Lingkungan Hidup, Kejaksaan Negeri Purwakarta mengeksekusi perusahaan bahan kimia tekstil itu untuk membayar denda sebanyak Rp 2 miliar kepada negara.

Eksekusi pembayaran denda itu hasil dari putusan MA No: 547 K/Pid.Sus LH/2017 tertanggal 18 juni 2017.

"Pihak IBR telah datang tadi siang, dan sudah membayar pidana denda sebanyak Rp 2 miliar, ditambah biaya perkara sebesar Rp 2.500," kata Kasie Pidana Umum Kejari Purwakarta, Sucipto saat ditemui di Kantornya, Jalan Siliwangi, Nagri Kidul, Purwakarta, Senin (22/1/2018).

Selain pembayaran denda, pidana tambahan bagi PT IBR adalah memulihkan kembali kondisi Rawa Kalimati yang berada di Desa Cilangkap, Babakan Cikao, Purwakarta yang telah tercemar.

Baca: Tim Penyidik Limbah Medis Temukan Jarum Suntik, Bungkus Bertuliskan HIV dan Potongan Tubuh Manusia

Diketahui, rawa tersebut tercemar oleh sisa limbah batu bara yang tidak terolah secara baik yang dihasilkan dari pabrik milik PT IBR.

Sucipto menyebut, pihak perusahaan pun telah menyanggupi mengembalikan rawa di sekitar pabrik kembali bersih seperti semula.

 PT IBR diketahui telah berkoordinasi dengan pihak lingkungan hidup serta pihak laboratorium, guna mengetahui cara penanggulangan rawa yang tercemar.


Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help