Puluhan TKI Ilegal yang Digerebek di Jakarta, Ternyata 8 Orang Berasal dari Bandung Barat

Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dinihari tadi telah menggerebek sebanyak 82 calon pekerja migran/TKI yang tidak memenuhi . . .

Puluhan TKI Ilegal yang Digerebek di Jakarta, Ternyata 8 Orang Berasal dari Bandung Barat
DOKUMENTASI KOMPAS.COM
Ilustrasi TKI. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.CO.ID, NGAMPRAH - Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dinihari tadi telah menggerebek sebanyak 82 calon pekerja migran/TKI yang tidak memenuhi syarat dokumen atau nonprosedural alias ilegal untuk diberangkatkan ke Timur Tengah, Jumat (19/1/2018) di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Restu Putri Indonesia.

Dari jumlah 82 orang itu, ternyata terdapat sebanyak delapan orang TKI yang hendak berangkat berasal dari Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kecamatan Saguling.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Seksi Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Bandung Barat, Sutrisno.

Baca: Pengakuan Gay di Bandung, Mulai dari Kode Ketemuan Hingga Aplikasi Mencari Teman Kencan

Baca: EKSKLUSIF : Pengakuan Gay Kota Bandung, KPAP Jabar Pun Ungkap Data

Menurutnya, para calon TKI ilegal itu awalnya diimingi bekerja tanpa adanya tes dengan sesegera mungkin berangkat ke Timur Tengah.

"Ya betul karena Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 221 tahun 2015 yang melarang untuk memberangkatkan ke Timteng untuk informal kecuali yang formal," kata Sutrisno di kantornya, Jumat (19/1/2018).


Disnakertrans Bandung Barat mendapat aduan dari masyarakat yang bernama Hermawan Suyatno yang merupakan suami dari salahseorang TKI yang rencananya mau berangkat. Menurut Sutrisno, para calon TKI itu diimingi uang terlebih dahulu lalu diintimidasi oleh sebuah sponsor yang masih belum tahu dengan jelas.

"Ini sedang kami telusuri, karena kami lihat ini sudah masuk dalam perdagangan manusia," ujarnya seraya mengaku jumlah TKI bukan 82 orang melainkan 88 orang. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help