TribunJabar/

Pilkada Serentak

Panwaslu Akan Pertanyakan Izin Pelantikan Sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemkab Ciamis

Panitia Pengawas Pemilu Ciamis akan menghadiri secara langsung pelantikan sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemkab Ciamis . . .

Panwaslu Akan Pertanyakan Izin Pelantikan Sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemkab Ciamis
DOKUMENTASI
Logo Panwaslu

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS – Panitia Pengawas Pemilu Ciamis akan menghadiri secara langsung pelantikan sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemkab Ciamis yang rencananya akan digelar di Aula Setda Ciamis, Senin (15/1/2018) pagi.

“Selain memenuhi undangan, kami hadir pada pelantikan (pejabat eselon II) besok, juga untuk mempertanyakan izin dari Mendagri,” ujar Ketua Panwaslu Ciamis, Uce Kurniawan kepada Tribun Minggu (14/1).

Menurut Uce sesuai dengan ketentuan UU No 10 tahun 2016, tentang Pilkada, bahwa seorang bupati atau walikota tidak boleh memutasi/merotasi pejabat eselon selama 6 bulan sebelum dan 6 bulan sesudah hari H pilkada. Kecuali kalau ada izin dari Mendagri.

Baca: Usai Dapat Tawaran Berimigrasi ke AS, Netizen Norwegia Malah Ejek Donald Trump

“Makanya besok itu (hari ini, Senin 15/1) kami hadir untuk menanyakan izin dari Mendagri tersebut. Kalau izin tersebut tidak ada, berarti merupakan pelanggaran undang-undang,” katanya.

Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin menurut Uce sudah resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati untuk Pilkada Ciamis 2018 (Pilkada Serentak Tahap 3) berpasangan dengan H Oih Burhanudin yang kini menjabat Wakil Bupati Ciamis.


Pasangan patahana ini mendaftar ke KPU Ciamis hari Rabu (10/1). Bila mengacu pada UU Nomor 10/2016, Bupati yang telah mendaftar ke KPU tidak boleh mengambil kebijakan strategis termasuk merotasi/memutasi pejabat terhitung sejak akhir Desember lalu.

Kabag Humas Ciamis, Tonton Guntari SH ketika dihubungi Minggu (14/1) mengakui adanya rencana pelantikan pejebat eselon II lingkup Pemkab Ciamis tersebut.

“Rencana besok pagi (Senin, 15/1) memang ada pelatikan, tempatnya di Aula Setda. Hanya pejabat eselon II saja, jumlahnya saya belum tahu persis. Mungkin satu atau tiga orang. Sifatnya pun roling atau rotasi, tukar tempat,” ujar Tonton (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help