Berburu Kerajinan Kulit di Kampung Sukaregang, Bisa Lihat Langsung Proses Pembuatannya Lho!

Tak hanya dipasarkan ke wilayah Kabupaten Garut saja, kerajinan kulit dari Sukaregang pun dipasarkan hingga berbagai daerah dan mancanegara.

Berburu Kerajinan Kulit di Kampung Sukaregang, Bisa Lihat Langsung Proses Pembuatannya Lho!
TRIBUNJABAR.CO.ID/HAKIM BAIHAQI
Sejumlah pengunjung tengah melihat-lihat produk kerajinan kulit di toko Creasygart di Jalan Gagaklumayung, Kampung Sukaregang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (14/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Ingin menghabiskan waktu libur akhir pekan di Kabupaten Garut? Tak ada salahnya untuk mengunjungi sentra industri kulit di Kampung Sukaregang, Kecamatan Garut Kota.

Berjarak satu kilometer dari Alun-alun Garut, Kampung Sukaregang sudah dikenal sebagai sentra kulit di Kabupaten Garut sejak 1920.

Berbagai produk kerajinan kulit  bisa dijumpai di puluhan toko yang berderet mulai dari Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Gagak Lumayung.

Saat memasuki sentra kulit di Kampung Sukaregang, wisatawan maupun pengunjung akan melihat deretan toko yang menjual macam-macam kerajinan berbahan dasar kulit.

Beragam kerajinan berbahan kulit mulai dari jaket, tas, sepatu, dompet, topi, celana, ikat pinggang, dan gantungan kunci, bisa ditemukan di Kampung Sukaregang.


Untuk harganya, setiap kerajinan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 6 juta.

Tak hanya melihat-lihat produk yang terpajang di toko, pengunjung pun bisa melihat proses pembuatan kulit secara langsung.

Selain itu, tak hanya bisa membeli produk yang telah terpajang, pengunjung ataupun wisatawan bisa membeli kerajinan sesuai keinginan.

"Model dan bentuk bisa disesuaikan kalau beli kerajinan kulit dari Sukaregang," kata Dewi Suningsih, perajin kulit dan pemilik toko kulit Creasygart, Jalan Gagak Lumayung, Kampung Sukaregang, Minggu (14/1/2018).

Dewi mengatakan bahwa kerajinan yang dijual di sentra kulit Sukaregang ini berbahan dasar kulit domba dan sapi pilihan.

"Yang banyak dicari yaitu kulit domba, karena sudah menjadi ciri khas Garut sejak lama," kata Dewi.

Tak hanya dipasarkan ke wilayah Kabupaten Garut saja, kerajinan kulit dari Sukaregang pun dipasarkan hingga berbagai daerah dan mancanegara.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help