SOROT

Kompak Warna Putih di Pilgub Jabar, Anda Jangan Silau!

Warna putih dalam tafsir umum, melambangkan kesucian, bersih, terang, dan ringan.

Kompak Warna Putih di Pilgub Jabar, Anda Jangan Silau!
dokumentasi
Kisdiantoro

Oleh Kisdiantoro
Wartawan Tribun Jabar

SEMUA pasangan yang mendaftar menjadi bakal calon kepala daerah di Pemilihan Gubernur Jawa Barat, kemarin, kompak mengenakan pakaian warna putih.

Di sejumlah daerah, pasangan bakal calon wali kota dan bupati di Jawa Barat pun banyak yang kompakan mengenakan pakaian serba putih. Bahkan untuk kopiyah atau iket kepala pun ada yang ikut menyelaraskan dengan warna pakaian, putih.

Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang mendaftar ke KPU pada hari kedua pendaftaran, Selasa (9/1/2018) datang ke KPU mengenakan pakain putih.

Lalu, pasangan Tubagus Hasanuddin- Anton Charliyan dan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang mendaftar pada hari terakhir, Rabu (10/1/2018), juga datang mengenakan pakaian putih.

Warna-warna yang melambangkan partai para pengusung empat pasangan itu hanya terselip di beberapa atribut saja. Warna-warna lambang partai lebih kentara pada pakain yang dikenakan para pendukung dan petinggi partai.

Warna putih dalam tafsir umum, melambangkan kesucian, bersih, terang, dan ringan. Oleh sebagian orang ditafsirkan sebagai kekuatan untuk mereduksi rasa sakit.

Itu mengapa, di dunia kesehatan warna putih paling dominan. Dokter dan perawat kebanyakan mengenakan jas atau seragam putih. Tafsir lain soal warna putih ini, ada yang menyebutkan bahwa putih melambangkan keterbukaan dan kebebasan.

Warna putih yang dimaknai sebagai suci hampir disetujui oleh banyak negara dan agama. Hal ini bisa dilihat pada pakain-pakain kebesaran yang kerap dikenakan oleh para pemimpin agama. Warna putih dimaknai sebagai kebersihan jiwa dan jasad manusia ketika hendak menghadap Tuhan, melalui ritual-ritual keagamaan.

Apakah betul filosofi pakaian putih yang dikenakan para bakal calon gubernur Jabar dan bupati/wali kota mengacu pada makna-makna tersebut? Tentu mereka yang lebih mengetahuinya.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help