Wakil Wali Kota Cimahi Menyerahkan Ikan Peliharaannya yang Berbahaya Kepada BKIPM

Ikan yang diserahkan tersebut merupakan ikan yang dikategorikan berbahaya, yakni tujuh ekor ikan Piranha dan tujuh ekor ikan Aligator.

Wakil Wali Kota Cimahi Menyerahkan Ikan Peliharaannya yang Berbahaya Kepada BKIPM
TRIBUNJABAR.CO.ID/HILMAN KAMALUDIN
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyerahkan ikan peliharaannya yang berbahaya ke Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Jalan Ciawitali, Kota Cimahi, Jumat (12/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIMAHI - Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyerahkan ikan peliharaannya ke Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung di Jalan Ciawitali, Kota Cimahi, Jumat (12/1/2018).

Ikan yang diserahkan tersebut merupakan ikan yang dikategorikan berbahaya, yakni tujuh ekor ikan Piranha dan tujuh ekor ikan Aligator.

Tiga ekor ikan Sapu-sapu peliharaan Ngatiyana juga ikut diserahkan kepada BKIPM.

Ngatiyana mengatakan bahwa penyerahan binatang peliharaannya ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Dengan momen seperti ini, diharapkan masyarakat dapat mengerti bahwa ikan jenis itu harus dikembalikan kepada yang berwenang karena bisa membahayakan, dalam hal ini BKIPM Bandung.

"Kemarin saya baru mengetahui, ikan-ikan ini tidak boleh dipelihara oleh umum, sehingga masyarakat harus mengerti bahwa hal ini dilarang," ujar Ngatiyana di Kantor BKIPM Bandung, Jalan Ciawitali, Kota Cimahi, Jumat (12/1/2018).


Kepala BKIPM Bandung, Dedy Arief Hendriyanto mengatakan bahwa penyerahan ikan peliharaan Ngatiyana itu berdasarkan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 41 tahun 2014 tentang larangan pemeliharaan ikan berbahaya.

"Ada 152 jenis ikan berbahaya yang dilarang ada di Indonesia dan sejak tahun 2014 sudah banyak beredar," ujar Dedy Arif Hendriyanto.

Menurutnya, berdasarkan hasil kajian lapangan, jenis ikan tersebut sangat berbahaya dan bisa mengganggu ikan endemik yang ada di Indonesia.

Sayangnya, masyarakat umum belum banyak yang mengetahui terkait peraturan tersebut.

Ikan-ikan yang diserahkan Wakil Wali Kota Cimahi itu akan dijadikan media edukasi kepada pelajar sekolah khususnya di Kota Cimahi.

"Nantinya kita akan gilir setiap minggunya dan kami akan menerima kunjungan mereka," kata Dedy Arif Hendriyanto.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help