Terowongan Tol Cisumdawu Ditarget Rampung Tengah Tahun Ini

Iwa mengatakan terowongan ini akan menjadi terowongan tol yang menembus gunung, dengan jangkauan terpanjang di Indonesia.

Terowongan Tol Cisumdawu Ditarget Rampung Tengah Tahun Ini
ISTIMEWA
PANJANGNYA 472 METER-Pengerjaan Cisumdawu Tunnel Project di Kampung Cilengsar RT 01/13, Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, terus berlangsung. Terowongan ini memiliki panjang 472 meter dan diameter 14 meter. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, SUMEDANG - Pengerjaan pembangunan terowongan atau tunnel kembar sepanjang 472 meter yang merupakan bagian proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan selesai pada Juni 2018.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan satuan kerja pembangunan Tol Cisumdawu tengah mengerjakam Seksi 1 dan Seksi 2 Tol Cisumdawu.

Di Seksi 2, pihaknya tengah menggenjot pembangunan terowongan agar Seksi 2 yang membentang antara Rancakalong sampai Sumedang ini selesai pada 2019.

"Berdasarkan pemantauan terakhir, tunnel sebelah kiri atau yang arah Sumedang sudah masuk 213 meter. Sedangkan, sebelah kanan arah Cileunyi sudah masuk 155 meter. Targetnya Juni 2018 sudah selesai," kata Iwa di Gedung Sate, (11/1).

Iwa mengatakan terowongan ini akan menjadi terowongan tol yang menembus gunung, dengan jangkauan terpanjang di Indonesia.

Baca: La Nyalla Mengaku Dimaki dan Dimintai Rp 40 Miliar oleh Prabowo, Fadli Zon: Bukan untuk Pak Prabowo

Baca: Intan Sudah Tiga Kali Syuting Film Mesum dengan Faisal, Dua dengan Laki-laki Dewasa dan Satu Bocah

Karenanya, akan menjadi ikon tersendiri yang akan menghubungkan antara Bandung Raya dengan Pantai Utara Jabar.

Iwa mengatakan pada Seksi 2 Fase I Tol Cisumdawu yang membentang dari Rancakalong ke Ciherang sudah tuntas 100 persen pada Agustus 2017. Sedangkan di Seksi II Fase II antara Ciherang dan Sumedang masih ada pengerjaan pembebasan lahan dan penuntasan terowongan kembar.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help