Ini Tips Memilih Sepatu Kulit yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Jika memilih sepatu perempuan hak tinggi, pastikan haknya persis berada di bawah tumit Anda

Ini Tips Memilih Sepatu Kulit yang Bagus dan Nyaman Dipakai
Tribun Jabar/Ery
Pemilik toko sepatu dikawasan Cibaduyut, Deni Junaedi (31), tengah membandingkan berbagai jenis sepatu kulit di Kawasan Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Kamis (11/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Ketika memilih sepatu, seringkali sejumlah orang hanya tergiur pada warna dan bentuknya yang tampak bagus. Padahal merek, model, dan harga mahal bukanlah jaminan sepatu itu nyaman dipakai, hal yang seharusnya menjadi faktor utama saat memilih sepatu. Agar tak keliru memilih sepatu, ikuti tips berikut ini.

1. Pilihlah sepatu yang terlihat seratnya atau garis-garis pada bagian sepatu dan peganglah di bagian tumit dan ujungnya. Pastikan kedua bagian ini fleksibel dan tidak keras. Kedua bagian ini sangat penting saat berjalan, di mana fleksibilitas serta teksturnya akan memengaruhi tumit dan jari kaki supaya tak mudah lecet.

Baca: Bernostalgia dengan Kuliner Sunda Buhun di Ibis Style Bandung, Bisa Nambah Sambal Sepuasnya!

2. Jika memilih sepatu perempuan hak tinggi, pastikan haknya persis berada di bawah tumit Anda. Apabila haknya terlalu di depan atau di belakang sepatu, Anda akan memiliki masalah dengan kestabilan saat berjalan.
"Kalau untuk perempuan paling yang membedakan adalah high heels. Bisa dipilih sambungannya yang bagus," ujar Deni Junaedi (31), satu pemilik toko sepatu di kawasan Cibaduyut.

3. Deni pun menyarankan untuk memilih jenis sepatu yang memiliki hingga bagian dalam dasar sepatu dengan bahan kulit seluruhnya.


"Pada bagian atas tengah sepatu, dicubit pakai kuku kalau tidak tergores berarti kuat. Padahal orang tahunya cara mengetes dengan membakar karena sekarang beberapa bahan sudah ada yang anti bakar terutama bahan sintetis," ujar Deni Junaedi saat diwawancarai Tribun di Kawasan Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Kamis (11/1/2018).

4. Sebelum membeli sepatu, biasakan untuk menguji bantalan yang berada bagian dalam sepatu dengan cara menekan jari ke dalam sepatu. Pastikan bantalan ini terasa empuk supaya nyaman saat digunakan.
"Lebih bagus membeli sepatu kulit sebetulnya hasil buatan tangan," katanya.


5. Sebisa mungkin hindari memilih sepatu dari bahan sintetis. Pilih sepatu yang terbuat dari kulit, suede, atau kain. Penggunaan bahan-bahan yang bernapas ini akan mengurangi potensi kaki yang melepuh.
"Serat kayu paling bagus untuk kantoran," kata dia.

Sementara itu, saat sepatu kulit sudah dibeli jangan lupa untuk dirawat dengan cara yang sederhana. Misalnya rutin menyemir sepatu pada kulitnya menggunakan kain kering tipis untuk perawatan. Sedangkan untuk bahan jenis beludru harus disikat pakai sikat yang halus seperti sikat gigi bekas.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help