Ini Besaran Cadangan Devisa Indonesia Akhir Desember 2017 yang Diungkap Bank Indonesia

Posisi cadangan devisa Indonesia akhir Desember 2017 tercatat USD130,20 miliar, lebih tinggi dibandingkan posisi akhir November 2017 . . .

Ini Besaran Cadangan Devisa Indonesia Akhir Desember 2017 yang Diungkap Bank Indonesia
TRIBUN JABAR/Yongky Yulius
Gedung Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (14/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Posisi cadangan devisa Indonesia akhir Desember 2017 tercatat USD130,20 miliar, lebih tinggi dibandingkan posisi akhir November 2017 sebesar USD125,97 miliar.

Dalam siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia yang dikutip Tribun Jabar, Kamis (11/1/2018) disebutkan peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa, antara lain berasal dari penerbitan global bonds pemerintah serta penerimaan pajak dan devisa ekspor migas bagian pemerintah. 

Baca: Suami Bongkar Kelemahan Najwa Shihab yang Tak Diketahui Orang, Respons Najwa: Bohong Dikit Dong

Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas jatuh tempo.

Untuk posisi cadangan devisa pada akhir Desember 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,6 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.


Bank Indonesia akan terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Hal tersebut didukung oleh kondisi perekonomian domestik yang tetap positif, kinerja ekspor yang membaik, dan perkembangan pasar keuangan global yang kondusif. (*) 

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help