Ini Alasan PTPN VIII Dayeuhmanggung Menjadikan Rumah Dinas Karyawannya Menjadi Tempat Agrowisata

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Dayeuhmanggung,Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, akan terus mengembangkan wilayah . . .

Ini Alasan PTPN VIII Dayeuhmanggung Menjadikan Rumah Dinas Karyawannya Menjadi Tempat Agrowisata
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Suasana Kampung Jokowi di Perkebunan PTPN VIII Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Kamis (11/1/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT -‎ PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Dayeuhmanggung,Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, akan terus mengembangkan wilayah perumahan dinas para karyawannya menjadi salah satu destinasi di Kabupaten Garut.

Di tahun 2016, pihak PTPN VIII Dayeuhmanggun‎g mengubah rumah dinas karyawan tersebut menjadi menjadi kampung agro wisata bagi masyarakat umum.

Kampung- kampung tersebut yakni Kampung Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling), Kampung Akan Menjadikan Segalanya terbaik Dayeuhmanggung (Amsterdam) dan Kampung Jadikanlah olehmu Kebun Dayeuhmanggung menjadi indah (Jokowi).

Petugas bagian umum PTPN VIII, Olid Darsono, mengatakan, awal mula permukiman ini disulap menjadi kawasan agrowisata adalah atas dasar inisiatif para karyawan.

Baca: Denada Beri Klarifikasi Soal Goyangannya yang Dituding Tiru Nicki Minaj Hingga Mendapat Kecaman

"Mereka mengusulkan kepada kami bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan tambahan," kata Olid saat dijumpai di perkebunan teh Dayeuhmanggung, Kamis (11/1/2018).

Atas permintaan itulah, Olid mengatakan, pihaknya secara sigap memberikan serta memfasilitasi keinginan warga untuk mendapatkan penghasilan lebih.

"Setelah difasilitasi kami arahkan mereka, untuk sama-sama mengembangkan potensi ini," ujarnya.


Olid mengatakan, setiap akhir pekan sejumlah warga di Kampung tersebut kerap disibukkan karena kedatangan banyak wisatawan.

"Setiap ada wisatawan warga selalu menyambut, ada yang berjualan, menawarkan home stay, dan sekada bercengkrama," katanya.

Menurut informasi, rumah-rumah di sekitar perkebunan teh itu dinamai Kampung Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling), Kampung Akan Menjadikan Segalanya terbaik Dayeuhmanggung (Amsterdam) dan Kampung Jadikanlah olehmu Kebun Dayeuhmanggung menjadi indah (Jokowi).

‎Keunikan dari ketiga kampung tersebut yakni, sebagian dinding rumah dihiasai lukisan mural tiga dimensi yang sengaja dibuat oleh masyarakat sekitar.

Menurut informasi, ketiga kampung ini sengaja dirubah oleh PTPN VIII Dayeuhmanggung ‎pada Agustus 2016 untuk menjadi salah destinasi wisata baru. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help