Menggiurkan di Pasaran, Harga Daging Belut Lebih Tinggi daripada Daging Ayam

Setiap harinya menjajakan belut di pinggir jalan Cipatik-Soreang dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00.

Menggiurkan di Pasaran, Harga Daging Belut Lebih Tinggi daripada Daging Ayam
Tribun Jabar/Mumu
Imas Sutini (46) pedagang belut sawah tampak tengah menjajakan dagangannya di Jalan Cipatik-Soreang, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Selasa (9/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.CO.ID, KUTAWARINGIN - Belut sawah banyak dijajakan di Jalan Cipatik-Soreang, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Harga belut sawah ini lebih mahal dibanding harga dijual daging ayam di pasaran yakni sekitar Rp 60 ribu per kilogram.

Imas Sutini (46) warga Kampung Sawah Cantilan, Kecamatan Kutawaringin sudah menggantungkan hidupnya dari berjualan belut sawah selama kurang lebih 10 tahun.

"Awalnya ibu mertua saya yang jualan, karena sekarang sudah tua dan sakit-sakitan, sekarang saya yang melanjutkan. Dulu saya jualan bumbu di pasar, karena sepi jadi beralih ke belut," tuturnya di lokasi, Selasa (9/1).

Imas bersama beberapa pedagang belut lainnya, setiap harinya menjajakan belut di pinggir jalan Cipatik-Soreang dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00.

Baca: Kantor KPU Kota Bandung Masih Belum Didatangi Calon Wali Kota yang Akan Mendaftar

Satwa yang memiliki bentuk tubuh memanjang dan licin ini dimasukan ke dalam kantong plastik panjang yang sudah diisi aing jernih.

Kemudian plastik berisi belut tersebut digantung pada kayu yang telah disediakan khusus untuk menjajakan belut tersebut.

Terdapat dua ukuran kantong plastik, ukuran kecil berisikan belut-belut kecil seberat 1,5 ons. Sementara kantong plastik besar berisi belut-belut berukuran cukup besar, seberat 1/4 kilogram.

"Kalau yang kecil harganya Rp 10 ribu, kalau yang besar harganya Rp 20 ribu. Kalau butuh banyak bisa juga dijual kiloan, harganya Rp 60 ribu per kilogram," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Yudha Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved