TribunJabar/

Tribun Health

Catat dan Praktikan! Inilah Tips Sukses Memberikan ASI pada Si Buah Hati untuk Ibu yang Bekerja

ASI merupakan makanan utama bayi hingga enam bulan, bahkan dokter anak dan konsultan laktasi. . .

Catat dan Praktikan! Inilah Tips Sukses Memberikan ASI pada Si Buah Hati untuk Ibu yang Bekerja
shanghaiist.com
ILUSTRASI - Deretan ibu-ibu menyusui bayinya. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - ASI merupakan makanan utama bayi hingga enam bulan, bahkan dokter anak dan konsultan laktasi menyarankan agar ibu tetap bisa memberikan ASI hingga anak berusia dua tahun.

Namun, seringkali pemberian ASI eksklusif kepada bayi banyak kendala antara lain bila ibu menyusui punya segudang kegiatan atau juga bekerja di kantor.

Kegagalan memberikan asi ekslusif salah satunya dikarenakan faktor ibu yang mempunyai peranan ganda sehingga sibuk bekerja di luar rumah.

Padahal pemerintah dalam undang-undang perburuhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi.

Meskipun demikian bagi ibu yang bekerja memberikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih kurang optimal dengan beberapa hal salah satunya kebijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, kurangnya dukungan dari tempat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk memerah asi.

Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mempunyai trik khusus sehingga sukses memberikan asi meskipun sibuk di kantor.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda meskipun sibuk dengan pekerjaan kantor:

1. Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal dalam mempersiapkan pemberian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan dengan urusan kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat memberikan kesempatan bayi anda untuk mendapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng. Selain itu persiapkan diri anda dengan melakukan relaksasi selama 10-15 menit sebelum melakukan memerah asi. Hal terpenting selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan gizi dan menghindari stres sehingga tidak mengganggu asi untuk kebutuhan bayi anda.

2. Melatih Kemampuan Memerah Asi

Halaman
12
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help