TribunJabar/
Home »

Tasik

Seorang Warga Positif Difteri, Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Menetapkan Status KLB

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya telah menetapkan status KLB setelah salah seorang warganya dinyatakan positif terserang difteri

Seorang Warga Positif Difteri, Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Menetapkan Status KLB
TRIBUN JABAR/ISEP HERI
Pasien suspect difteri mendapatkan perawatan di ruang isolasi di Rumah Sakit Sentra Medika Citrautama, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (8/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.CO.ID, TASIKMALAYA - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) setelah salah seorang warganya dinyatakan positif terserang difteri, Rabu (3/1/2018).

Adanya seorang warga yang positif terjangkit difteri dianggap telah memenuhi syarat untuk menetapkan status KLB tersebut.

"Satu saja yang positif, karena menurut aturan sudah bisa ditetapkan sebagai KLB," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Yusep Yustisiawandana, Senin (8/1/2018).

Baca: Seorang Pasien Positif Difteri, SMC Singaparna Juga Rawat 8 Suspect Difteri di Ruang Isolasi

Selain agar kewaspadaan masyarakat meningkat, Yusep mengatakan, penetapan KLB juga dimaksudkan supaya warga Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan outbreak response immunization (ORI) untuk mencegah penyebaran wabah difteri.

"Kita menunggu ORI dari Dinas Kesehatan Provinsi (Jawa Barat). Kita sudah kirimkan ke sana laporan hasil penelusuran," kata Yusep.

Menurutnya, selain seorang yang dinyatakan positif, ada 8 pasien lainnya juga ditempatkan di ruang isolasi lantaran diduga turut terserang difteri.

Sejumlah pasien yang mendapatkan perawatan berasal dari Kecamatan Manonjaya, Cineam, Sukaraja, Singaparna, Taraju, dan Bojonggambir. (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help