Pilgub Jabar

Pemkab Garut Pastikan ASN Akan Menjaga Netralitas dalam Pesta Demokrasi Pilkada Serentak

"Sosialisasi terkait sikap netralitas ASN akan dilakukan terus menerus," kata Asisten Daerah I Pemkab Garut, Didit Fajar Putradi.

Pemkab Garut Pastikan ASN Akan Menjaga Netralitas dalam Pesta Demokrasi Pilkada Serentak
TRIBUNJABAR.CO.ID/HAKIM BAIHAQI
Asisten Daerah I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Didit Fajar Putradi, di halaman Mapolres Garut, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Garut, Jumat (5/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 pada Juli mendatang, Pemerintah Kabupaten Garut memastikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjaga netralitasnya dan tidak terjun ke dalam politik praktis.

Terlebih ketika calon yang akan menjadi bakal Bupati dan Wakil Bupati Garut adalah pasangan petahana, Rudy Gunawan dan Helmi Budiman, serta Sekda Kabupaten Garut, Iman Alirahman.

Untuk menghindari condongnya dukungan ASN kepada para petahana, maka Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan melakukan tindakan sosialisasi.

Asisten Daerah I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Didit Fajar Putradi, menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapat surat edaran dari Menpan RB.

Dalam edaran tersebut, dijelaskan bahwa  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) wajib untuk melakukan pembinaan terhadap para ASN.


"Sosialisasi terkait sikap netralitas ASN akan dilakukan terus menerus," kata Didit kepada Tribun Jabar, di halaman Mapolres Garut, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Garut, Jumat (5/1/2018).

Selain itu, pihaknya pun telah menggaet Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut terkait hal ini.

"Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) telah dibekali hal tersebut, saya rasa ASN di Kabupaten Garut sangat paham benar," ujar Didit.

Didit mengatakan, jika ada ASN yang terlibat politik praktis dalam pilkada serentak, berbagai sanksi hingga pemecatan akan diterapkan.

"Karena saat ini banyak mata yang memantau kami, yakni Panwaslu, LSM, dan masyarakat," ujarnya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help