Upaya Urai Kemacetan di Cianjur Kota, Pekan Depan Diberlakukan Uji Coba Jalan Satu Arah

Meski pagar pembatas sudah dirobohkan namun kemacetan masih sering terjadi.

Upaya Urai Kemacetan di Cianjur Kota, Pekan Depan Diberlakukan Uji Coba Jalan Satu Arah
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Ilustrasi kemacetan. 
Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri AMiril Mukminin
TRIBUNJABAR.CO.ID, CIANJUR - Kemacetan arus lalu lintas di depan Pasar Muka Ramayana, Cianjur kota dan depan Pasar Cipanas masih didominasi oleh angkutan umum.
Di depan Pasar Muka angkutan umum bisa menguasai hampir seluruh badan jalan.
Kendaraan yang melintas di jalur tersebut terkadang hanya disisakan satu jalur.
Meski pagar pembatas sudah dirobohkan namun kemacetan masih sering terjadi.
Pemandangan serupa terjadi di depan pasar Cipanas.
Meski pagar pembatas jalan masih ada namun tepat di depan pasar kemacetan setiap hari terjadi karena antrean angkutan umum yang menunggu penumpang.
Terkadang terminal di wilayah Pasar Cipanas tak digunakan dan kebanyakan kendaraan menunggu penumpang di pertigaan-pertigaan. 
Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur berupaya untuk dapat mengatasi persoalan kemacetan lalulintas di wilayah perkotaan.
Satu upaya yang dilakukan di antaranya dengan memberlakukan sistem satu arah dan menata ulang rute angkutan kota.
Sekretaris Dishub Kabupaten Cianjur Sandy Zaini Ibrahim, mengatakan telah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait dalam melakukan kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas di kawasan Kota Cianjur.
Dari hasil koordinasi dan komunikasi itu, kata Sandy, ada dua kebijakan yang akan diberlakukan untuk dapat mengurai kemacetan lalu lintas di wilayah perkotaan, di antaranya memberlakukan sistem satu arah dan menata ulang rute angkot.
“Ada 10 rute angkot yang akan kami lakukan penataan ulang, dan juga beberapa ruas jalan di dalam kota yang akan diberlakukan sistem satu arah. Rencananya, untuk uji coba tersebut akan mulai dilaksanakan pekan depan,” kata Sandy, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/1/2018).
Sandy mengatakan, untuk ruas jalan yang akan diberlakukan satu arah, seperti ruas Jalan Ir H Djuanda, Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan Muhamad Ali, dan tembusan ruas Jalan KH Asnawi.
“Di beberapa lokasi juga akan kami tempatkan kantong-kantong parkir, di antaranya di lokasi eks SDN Selakopi, dan eks Bioskop Sinar,” katanya.
Untuk sistem penataan rute angkot, jelas Sandy, jajarannya melibatkan para pengurus angkot untuk melakukan pengundian dalam menentukan rute angkot.
“Kami libatkan mereka, dalam hal pengundian rute, dan untuk regulasinya tetap kami yang arahkan,” katanya.
Rencananya dengan kebijakan yang akan diterapkan itu, akan mengurangi jumlah angkot yang beroperasi di pusat kota, dan mendistribusikannya ke wilayah pinggiran, serta melayani seluruh wilayah kota Cianjur.
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved