Pilkada Serentak

Tiga Pasangan Bakal Calon Bupati Sumedang dari Jalur Independen Kekurangan Dukungan

Bahkan syarat dukungan yang harus dikumpulkan ketiga pasangan ini harus. . .

Tiga Pasangan Bakal Calon Bupati Sumedang dari Jalur Independen Kekurangan Dukungan
KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi Pilkada 
Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi
TRIBUNJABAR.CO.ID, SUMEDANG – Pasangan bakal calon bupati dari jalur perseorangan harus mengumpulkan syarat dukungan lagi.
Bahkan syarat dukungan yang harus dikumpulkan ketiga pasangan ini harus dua kali lipat dari kekurangan.
Tiga pasangan balon bupati dari perseorangan ini setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual masih kurang dari syarat dukungan minimal, 62.859 dukungan.
“Hasil pleno KPU tentang verifikasi faktual, semua pasangan harus menyerahkan lagi dukungan karena masih kurang dari syarat minimal dukungan. Dukungan yang diserahkan ke KPU harus dua kali lipat dari kekurangan,” kata Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, Minggu (31/12/2017).
Menurutnya, untuk perbaikan dukungan diserahkan pada tanggal 18-20 Januari 2018.
“Penyerahan perbaikan dukungan dilakukan 18-20 Januari 2018. Ketiga pasangan bakal calon perseorangan ini diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran pasangan calon bersamaan dengan pendaftaran dari partai politik,” katanya.
KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual sejak penyerahan perbaikan dukungan sampai sebelum dilakukan semua pasangan calon memenuhi persyaratan pada awal Februari.
Hasil rapat pleno verifikasi faktual yang digelar Sabtu (30/12), KPU menetapkan jumlah dukungan pasangan balon bupati dan wakil bupati Zaenal Alimin-Asep Kurnia  yang memenuhi syarat 55.706.
Pasangan ini masih kekurangan 7.153 dukungan lagi dan sesuai aturan harus menyerahkan ke syarat dukungan perbaikan dua kali lipatnya atau 14.306 dukungan fotokopi KTP elektronil atau surat keterangan.
Pasangan bakal calon Setya Widodo dan Sonia Sugian sebanyak 16.758 dukungan yang memenuhi syarat dan masih kekurangan 46.101 dukungan atau harus menyerahkan 92.202 dukungan lagi.
Sedangkan pasangan ketiga dukungan yang memenuhi syarat 37.151.
Pasangan ini kekuranga 25.708 dukungan dan harus menyerahkan perbaikan dukungan ke KPU sebanyak 51.416 dukungan.
“Tidak ada pihak yang keberatan dengan hasil rapat pleno yang diumumkan oleh 26 PPK terkait hasil verifikasi faktual calon persorangan,” kata Hersa. 
Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved